PWI Riau Kembali Gelar UKW

  • Selasa, 31 Juli 2018 - 18:05:37 WIB | Di Baca : 1606 Kali

 

SeRiau - Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Riau akan menyelenggarakan Pra Uji Kompetensi Wartawan (UKW) pada 08 Agustus 2018 mendatang.
 
Kegiatan Pra UKW ini akan diselenggarakan di Ameera Hotel Pekanbaru, Jalan A Yani, Pekanbaru.
 
Pra UKW yang diprakarsai oleh PWI Pusat bekerjasama dengan PT Astra International ini diperuntukkan bagi anggota PWI yang belum UKW.
 
Ketua PWI Riau H Zulmansyah Sekedang melalui Sekretaris Panitia Bambang Irawan Syahputra menyampaikan, kegiatan Pra UKW ini diselenggarakan sebagai pembekalan bagi anggota PWI Riau untuk mengikuti UKW. Karena pada Pra UKW, materi yang diberikan tak berbeda dengan materi UKW.
 
"Jumlah peserta kita batasi hanya untuk 40 peserta saja. Dan bagi peserta tidak dipungut biaya alias gratis. Sedangkan tim penguji Pra UKW berasal dari pusat," sebut Ketua Panitia Pra UKW Abdul Gafur yang juga Ketua Seksi Pendidikan dan Kompetensi di sela-sela rapat pembahasan rencana pelaksanaan Pra UKW di Kantor PWI Riau Jalan Arifin Achmad, Pekanbaru, baru-baru ini.
 
Rapat tersebut dipimpin Sekretaris PWI Riau Amril Jambak dan dihadiri Wakil Ketua Bidang Organisasi Novrizon Burman, Wakil Ketua Seksi PWI Riau Bambang Irawan Syahputra, Ketua Seksi Hankam PWI Riau Ridwan Sinaga dan Wakil Ketua Seksi Kehutanan dan Lingkungan Hidup PWI Riau Zulmiron.
 
 
Abdul Gafur  menambahkan, kegiatan uji komptensi sangat perlu dilakukan bagi wartawan, mengingat banyak munculnya pihak-pihak yang tidak berkompeten justru mengaku sebagai wartawan yang menghasikan berita yang bisa membingungkan masyarakat.
 
“Sekarang ini ada saja pihak yang tidak kompeten menulis berita. Sehingga memunculkan pemberitaan yang sifatnya bias di masyarakat. hal seperti itulah yang coba dihindari dengan menggelar kegiatan Pra UKW ini,” katanya seraya menyebutkan, fungsi kontrol sosial dari wartawan bisa diasah dari kegiatan semacam Pra UKW ini.
 
“Wartawan harus menjalankan fungsinya sebagai kontrol masyarakat. Selain itu mereka pun harus balance dalam melakukan pemberitaannya,” kata Abdul Gafur.
 
Karena itu, terang Gafur, kompetensi wartawan menjadi sesuatu yang penting dan harus terus ditingkatkan. Bagaimanapun juga, wartawan berperan dalam menjaga tanggungjawab sosial dan sebagai kontrol masyarakat melalui penyampaian informasi.(rls)





Berita Terkait

Tulis Komentar