Rocky Gerung Sebut 'Kuis Ikan' Jokowi Bentuk Pembodohan

  • Senin, 30 Juli 2018 - 15:04:52 WIB | Di Baca : 472 Kali

 

SeRiau- Dosen filsafat Universitas Indonesia Rocky Gerung menyebut 'Kuis Ikan' yang kerap dilakukan Presiden Joko Widodo adalah bentuk pembodohan.

Dia menganggap bentuk pertanyaan Jokowi kepada anak-anak hanya pada taraf menghapal, bukan mengajarkan anak-anak soal logika.

Loading...

"Kini, setiap ada Presiden, dia (anak) buru-buru menghapal nama ikan. Karena itu, namanya pembodohan, dipaksa menghapal," kata Rocky di Gedung Juang, Jakarta, Senin (30/7).


Rocky mengatakan sedianya 'Presiden Pintar' memberikan pertanyaan yang merangsang nalar kritis anak. Dia mencontohkan pertanyaan 'Kenapa ikan tidak bisa memanjat pohon'.


"Bayangkan kalau kuis ini datang dari seorang Presiden. Maka si anak akan bertanya kepada orang tua dan kepala sekolah. Hal ini akan memancing anak berpikir keras," terang dia.

Si anak, lanjut, Rocky akan mempertayakan pelajaran lain. Sehingga, menurutnya bukan tidak mungkin akan ada pelajaran logika dasar dan filsafat bagi anak SD.

"Kalau pertanyaan cerdas datang dari yang cerdas akan terjadi kritisisme dia enggak akan menghapal lagi. Itu yang disebut revolusi mental merubah paradigma. Tapi itu kalau presidennya punya otak," kata Rocky.

Diketahui Presiden Jokowi sering membagikan kuis menanyakan soal nama binatang, ikan hingga pengetahuan soal Indonesia saat blusukan ke daerah. Bagi yang bisa menjawab, biasanya Presiden memberikan sepeda sebagai hadiah. ( Sumber : Cnnindonesia.com)




Loading...

Berita Terkait

Tulis Komentar