BMKG Prediksi Gelombang Akan Tinggi Saat Gerhana Bulan Total

  • Rabu, 25 Juli 2018 - 16:42:10 WIB | Di Baca : 206 Kali

SeRiau - BMKG memprediksi puncak gelombang tinggi di laut selatan Jawa sampai Sumatera saat 27 Juli atau menjelang gerhana bulan total. Gelombang tinggi masih tetap berlangsung hingga Oktober.

"Jadi sebetulnya gelombang tinggi ini masih akan berlangsung sampai Oktober. Ini prediksi perhitungan BMKG, itu sudah mulai tumbuh Mei dan puncaknya itu Juli, 27 Juli puncaknya," ujar Kepala BMKG Dwikorita Karnawati di gedung Bina Graha, Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Rabu (25/7/2018).

BMKG menjelaskan terjadinya gelombang tinggi menjelang gerhana bulan total. Hal tersebut dikarenakan gravitasi bulan yang mengakibatkan terjadinya pasang.

Loading...

"Iya, karena kan bulan penuh. Kan mau ada gerhana bulan, itu kan nanti pasang. Itu gerhana bulan terpanjang, 100 menit lebih," kata Dwikorita.

BMKG sebelumnya menjelaskan gerhana bulan total yang terjadi pada 28 Juli nanti akan berlangsung selama 103 menit. Seluruh wilayah di Indonesia dapat menyaksikan peristiwa alam tersebut.

"Terlama Abad ini! Puncak Gerhana Bulan Total akan terjadi selama 103 menit dan dapat disaksikan di seluruh wilayah Indonesia pada tgl 28 juli 2018. BMKG akan melaksanakan pengamatan di berbagai titik di Indonesia dan menyiarkannya secara live," tulis BMKG di akun Twitter @infoBMKG, Rabu (25/7). (**H)


Sumber: detikNews




Loading...

Berita Terkait

Tulis Komentar