Ambisi Pemain Singapura Tampil di Liga Inggris Dihadang Peraturan Negara

  • Sabtu, 21 Juli 2018 - 22:24:24 WIB | Di Baca : 1155 Kali

 

SeRiau - Benjamin Davis mencatat sejarah sebagai pemain sepakbola pertama Singapura yang dikontrak oleh klub sepakbola di Liga Inggris. Akan tetapi, permohonan untuk mendapatkan pengecualian dari wajib militer di negaranya ditolak.

Davis yang berusia 17 tahun, mendapat kontrak selama dua tahun dari Fulham FC, sehingga ia mengajukan penundaan wajib militer atau dikenal dengan national service (NS). Pihak berwenang mengatakan Benjamin Davis tidak "memenuhi syarat penangguhan".

Semua laki-laki warga negara Singapura di atas usia 18 tahun harus menjalani tugas di Angkatan Bersenjata, kepolisian atau pasukan pertahanan selama dua tahun sebagai bagian dari wajib militer. Benjamin mencapai usia 18 tahun pada November 2018.

"Karena semua laki-laki warga Singapura yang wajib menjalankan wajib militer mengesampingkan ambisi pribadi untuk masuk wajib militer... maka tidak adil jika permohonan penundaan diberikan kepada para individu untuk mengejar karier dan pengembangan diri mereka," demikian pernyataan Kementerian Pertahanan Singapura.

"Di bidang olahraga, penangguhan diberikan kepada mereka yang mewakili Singapura dalam kompetisi internasional seperti Pesta Olahraga Olimpiade dan berpotensi menyumbang medali bagi Singapura."

Tidak Masuk Akal

Akan tetapi, ayah Davis, Harvey Davis, berpendapat tidak masuk akal putranya diharapkan menunda kariernya di dunia sepakbola selama dua tahun. 

Dikatakannya, sang anak mempertimbangkan untuk mengajukan banding atas keputusan Kementerian Pertahanan.

"Saya pikir tidak masuk akal untuk mengharapkan seseorang mengambil jeda dua tahun dari karier sepakbola profesional dan kemudian terjun lagi sesudahnya," tutur Harvey Davis.

"Pada tahap kritis ini, tidak masuk akal."
"Kami memahami arti penting wajib militer. Putra sulung saya sudah menjalani wajib militer dan Benjamin akan melakukannya... [tetapi ] masalah waktu saja."

Benjamin bergabung dengan Fulham tahun lalu dalam program beasiswa selama dua tahun. Bulan ini ia meneken kontrak profesional dan menjadi warga negara pertama Singapura yang pernah dikontrak klub sepak bola papan atas di Inggris. Saat ini ia bermain untuk tim U-18 di Fulham.

Liga Inggris mempunyai banyak penggemar di Singapura dan banyak orang di negara itu tidak senang dengan keputusan pihak berwenang terkait Davis ini.

"Anak laki-laki ini diingkari kesempatannya. Saya kehilangan kata-kata," kata seorang pengguna Facebook.

"Apakah NS bisa lebih fleksibel? Inilah satu-satunya kesempatan bagi kita untuk mencetak sukses di Liga Inggris," tutur pengguna lainnya.

Sebagian lainnya menyarankan agar Benjamin meninggalkan kewarganegaraan Singapura.

"Tidak perlu tinggal di Singapura jika Anda merasa ada kesempatan lebih baik di tempat lain," kata seorang pengguna media sosial.

Benjamin saat ini memegang paspor Thailand, Inggris dan Singapura. Ibunya berasal dari Thailand dan ayahnya berasal dari Inggris.

 

 

 

Sumber okezone





Berita Terkait

Tulis Komentar