Temuan Penting Survei LIPI Jelang Pilpres 2019

  • Kamis, 19 Juli 2018 - 22:17:04 WIB | Di Baca : 1170 Kali

SeRiau - Elektabilitas Joko Widodo (Jokowi) untuk Pilpres 2019 masih di posisi teratas. Survei Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) menunjukkan Jokowi punya rentang jarak jauh dengan Prabowo Subianto.

Berdasarkan survei LIPI, elektabilitas Jokowi pada pertanyaan terbuka mencapai 46 persen, sedangkan Prabowo sekitar 17 persen. Survei digelar pada 19 April-5 Mei 2018 dengan melibatkan 2.100 responden. Margin of error (MoE) survei sebesar +/- 2,14 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

"Pilihan capres lewat pertanyaan terbuka/top of mind, Jokowi 46 persen, Prabowo Subianto 17 persen," kata peneliti senior Pusat Penelitian Politik (P2P) LIPI Wawan Ichwanuddin dalam paparan hasil survei di Hotel Century Park, Jakarta, Kamis (19/7/2018). 

Dari pertanyaan terbuka/top of mind, Gatot Nurmantyo dipilih 1 persen responden. Sebanyak 32 persen responden tidak menjawab dan 5 persen responden menyebutkan nama lain.

Temuan lain yang cukup menarik adalah dalam simulasi dua nama (Jokowi vs Prabowo), ditemukan bahwa semakin tua usia pemilih dan semakin rendah tingkat pendidikannya, semakin besar dukungan terhadap Jokowi. 

Sementara itu, semakin tidak puas terhadap kinerja pemerintah semakin cenderung mendukung Prabowo. Namun, hubungan variabel-variabel tersebut dengan pilihan capres lemah.

Tingkat keterpilihan Jokowi di perdesaan dan di kalangan cenderung lebih tinggi daripada di perkotaan. Tingkat keterpilihan Jokowi di kalangan pemilih dengan penghasilan lebih rendah cenderung lebih tinggi daripada di kalangan pemilih dengan penghasilan lebih tinggi. 

Namun, hubungan antara kedua variabel sangat lemah. Hal yang sama ditemukan dalam hubungan antara penilaian seberapa cocok demokrasi dan pilihan capres.

Untuk cawapres Jokowi, responden paling banyak memilih nama Prabowo Subianto. Di posisi kedua, Anies Baswedan dipilih 11 persen responden. 

Sementara Anies Baswedan dan Gatot Nurmantyo paling banyak dipilih responden sebagai bakal cawapres Prabowo.

"Posisi cawapres untuk Prabowo teratas diisi Anies (23,1 persen), Gatot (20 persen), dan AHY (15,7 persen)," ujar Wawan. (**H)


Sumber: detikNews





Berita Terkait

Tulis Komentar