Pendaftaran Bacaleg Ditutup Selasa Pukul 24.00, Tak Ada Perpanjangan

  • Senin, 16 Juli 2018 - 19:27:12 WIB | Di Baca : 1100 Kali

SeRiau - Partai NasDem menjadi satu-satunya partai yang sudah mendaftarkan bakal calon anggota legislatif (bacaleg) untuk DPR RI di tingkat KPU. Padahal, batas pendaftaran bacaleg di semua tingkatan berakhir pada Selasa (17/7) pukul 24.00. 

Menanggapi hal itu, Anggota KPU Ilham Saputra menegaskan KPU tidak akan melakukan perpanjangan masa pendaftaran. Sosialisasi dari KPU tentang jadwal pendaftaran bacaleg sudah diberikan secara jelas. 

"Tidak ada kompensasi waktu, sampai sekarang kita sudah menyosialisasikan dan sudah tetapkan dalam peraturan KPU bahwa pendaftran calon itu 4 hingga 17 Juli 2018. Kemudian di hari terakhir kita akan memberikan waktu ke parpol sampai pukul 24.00 WIB," ucap Ilham di Kantor KPU, Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (16/7). 

Sementara itu, anggota Bawaslu Mochammad Afifuddin berharap agar setiap parpol bisa segera mendaftar ke KPU sebelum masa akhir pendaftaran. 

"Kami selaku Bawaslu melakukan pengawasan langsung untuk mengawal proses pendaftaran parpol atau caleg ini dan kami berharap besok semua partai, semua hadir sebelum masa akhir," ujar Afifuddin.

Afifudin berharap, para parpol segera mendaftarkan ke KPU agar proses tahapan pelaksanaan kegiatan pemilu yang sudah ditetapkan tidak terganggu. Namun jika esok masih ditemui beberapa parpol belum juga mendaftar, Afifuddin menyebutkan akan membuat sejumlah opsi. 

"Tergantung situasi besok. Kalau situasinya belum dipenuhi di saat akhir dan kalau memang mau mengubah pasti akan meminta rekomendasi dari kita," ucapnya. 

Afifudin menjelaskan, salah satu kendala yang membuat partai belum mendaftar ke KPU hingga saat ini disebabkan oleh kendala teknis dalam pengisian Sistem Informasi Pencalonan (Silon).

"Masalah input Silon yang belum selesai. Tapi kan masih ada besok ya kita lihat perkembangannya dan kita juga menunggu info dari teman-teman, dari kabupaten, provinsi tentang pendaftaran daerah-daerah itu," ujarnya. (**H)


Sumber: kumparanNEWS





Berita Terkait

Tulis Komentar