Fakta Terkini Formasi CPNS 2018 yang Ditetapkan Pekan Depan, Ada Jalur Khusus!

  • Ahad, 15 Juli 2018 - 08:35:54 WIB | Di Baca : 1457 Kali

 


SeRiau - Pemerintah segera menetapkan formasi untuk seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) yang akan ditetapkan pekan depan. Dijadwalkan pembukaan seleksi CPNS 2018 akan dibuka akhir bulan ini.

Bagi masyarakat yang ingin menjadi PNS bisa segera menyiapkan diri sebelum pengumuman dimulai. Salah satunya mencari banyak informasi seleksi CPNS 2018, di mana ternyata ada jalur khusus yang disiapkan pemerintah.

Untuk membantu melengkapi informasi seleksi CPNS 2018, Okezone merangkum sejumlah fakta-fakta penting terkait.

Pertama, mekanisme pendaftaran dan seleksi lewat satu jalur
Deputi Bidang Sistem Informasi Kepegawaian (Sinka) Badan Kepegawaian Negara (BKN) Iwan Hermanto mengatakan, ada yang berbeda pada pembukaan seleak CPNS 2018 pada tahun ini. Perubahan yang dimaksud adalah pendaftaran dan pelaksanaan seleksi CPNS akan dilakukan secara terpusat atau terintegrasi. Maksudnya adalah, seluruh pendaftaran dan seleksi CPNS benar benar akan dikelola melalui satu website yang dikelola oleh BKN yakni www.sscn.bkn.go.id.

Hal tersebut bertujuan untuk menghindari kecuranga-kecurangan yang terjadi dalam proses penerimaan CPNS 2018 tahun ini.

Kedua, ada jalur khusus yang disiapkan untuk penerimaan PNS tahun ini.

Pemerintah berencana memberikan kuota khusus calon pegawai negeri sipil (CPNS) bagi diaspora Indonesia. Tahun ini diaspora menjadi salah satu jalur khusus dalam penerimaan CPNS. Pada seleksi CPNS sebelumnya, jalur khusus ditujukan kepada putra/putri Papua/Papua Barat, disabilitas, cumlaude, dan atlet.

“Rekrutmen tahun ini akan lebih bervariasi. Pemerintah akan membuka formasi untuk anak bangsa yang berkarier di luar negeri, yakni para diaspora,” tandas Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Re formasi Birokrasi (Menpan-RB) Asman Abnur di Jakarta.

Asman mengatakan, pihaknya masih melakukan kajian terkait dengan formasi khusus ini. Kemenpan-RB juga masih berkoordinasi dengan Kementerian Luar Negeri sehingga jumlah kuota yang akan diberikan belum diputuskan.

“Belum kita tetapkan. Kita lagi minta data ke Kementerian Luar Negeri. Ada yang berminat atau tidak. Gaji PNS jika dibandingkan di luar negeri belum tentu tertarik,” ujarnya.

 

 

 

 


Sumber Okezone





Berita Terkait

Tulis Komentar