Demokrat Masih Buka Peluang Munculkan Poros Ketiga di Pilpres 2019

  • Sabtu, 14 Juli 2018 - 17:13:39 WIB | Di Baca : 1123 Kali

SeRiau - Partai Demokrat masih membuka peluang poros ketiga di Pemilihan Presiden 2019, selain kubu Joko Widodo (Jokowi) dan Prabowo Subianto. Alasannya agar masyarakat lebih banyak referensi pilihan yang akan menjadi pemimpin Indonesia lima tahun ke depan.

Ketua Divisi Komunikasi Publik Partai Demokrat Imelda Sari mengatakan, kemungkinan membentuk poros ketiga itu diputuskan dalam musyawarah Majelis Tinggi Partai (MTP) Demokrat belum lama ini.

"Ada tiga opsi yaitu bersama Jokowi, bersama Prabowo, atau kami akan membentuk suatu koalisi alternatif," kata Imelda dalam Diskusi Polemik MNC Trijaya bertajuk 'Jokowi Memilih Cawapres' di kawasan Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu (14/7/2018).

Selain memutuskan tiga opsi pilihannya, lanjut Imelda, MTP Demokrat juga telah menetapkan poin-poin kriteria pasangan capres-cawapres yang akan didukungnya pada pilpres tahun depan.

Kriteria capres-cawapres yang dimaksud ada lima poin, yakni siap menjalankan ideologi Pancasila, prorakyat atau peduli terhadap masyarakat miskin, siap menegakkan hukum dan keadilan, check and balances, serta menjaga kesatuan dan persatuan.

"Lima kriteria yang ditetapkan inilah yang menurut kami salah satu entry point kami untuk berkoalisi. Selain itu harus sama visi-misi, chemistry, prokerja yang bisa bersama-sama," imbuhnya.

Sementara sosok yang akan didorong dalam tiga opsi tersebut adalah Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), baik kepada kubu Jokowi, Prabowo, maupun poros ketiga apabila betul-betul terwujud.

"Kalau kita mau jujur, Demokrat melihat potensi suara ada 40 persen pemilih pemula. Itu salah satu basis pemikiran kami menawarkan AHY sebagai cawapres. AHY juga elektabilitasnya tertinggi sebagai cawapres," jelasnya. (**H)


Sumber: Okezone





Berita Terkait

Tulis Komentar