Airlangga dan Mahfud MD Cawapres Terkuat Jokowi

  • Sabtu, 14 Juli 2018 - 16:53:29 WIB | Di Baca : 319 Kali

SeRiau - Nama calon wakil presiden (cawapres) Joko Widodo masih jadi teka-teki. Pengamat politik Universitas Pelita Harapan (UPH) Emrus Sihombing mengatakan Ketum Golkar Airlangga Hartarto dan eks Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD punya peluang besar jadi cawapres Jokowi.

"Kalau saya melihat, ada dua peluang, yaitu Airlangga Hartarto dan Mahfud MD," kata Emrus dalam diskusi Polemik 'Jokowi Memilih Cawapres' di Warung Daun, Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu (14/7/2018).

Soal nama Airlangga, Emrus beralasan, Menteri Perindustrian itu berasal dari partai besar yang patut diperhitungkan, walaupun secara hitung-hitungan Airlangga dinilai belum mampu mendongkrak elektabilitas Jokowi. 

Loading...

"Saya berpandangan pertimbangannya adalah presidential threshold (PT), misalnya jumlah kursi. Saya rasa Airlangga Hartarto karena dia punya jumlah kursi di DPR dari Golkar dan kemudian punya mesin politik untuk menggerakkan Pemilu 2019," tutur Emrus.

"Tapi sekaligus juga memang Airlangga kita melihat tingkat elektabilitasnya tidak begitu menggembirakan," imbuhnya.

Beralih ke sosok Mahfud, Emrus menilai Mahfud mampu mengatasi isu politik identitas yang selama ini melekat pada Jokowi. Mahfud juga dinilai sebagai sosok intelektual dan pluralis.

"Kalau Mahfud MD saya pikir dia bukan dari orang partai, tetapi dia adalah tokoh yang bisa mengatasi berbagai isu yang mengangkat politik identitas yang tidak produktif. Karena menurut saya, dia adalah tokoh nasional, tokoh santri yang demokratis, dan mempunyai intelektual yang sangat bagus dan pluralisme," terangnya.

Jelang pendaftaran Pilpres 2019, Jokowi belum juga mengumumkan nama cawapresnya. Namun disebutkan dia telah mengerucutkan jumlah kandidat cawapres itu menjadi lima nama. (**H)


Sumber: detikNews




Loading...

Berita Terkait

Tulis Komentar