Tiap 20 Tahun Muncul Juara Piala Dunia Baru, Giliran Kroasia?

  • Jumat, 13 Juli 2018 - 10:51:57 WIB | Di Baca : 108 Kali

 

SeRiau - ADA hal unik tiap 20 tahun sekali, perihal tim yang keluar sebagai juara Piala Dunia. Dalam siklus 20 tahunan tersebut selalu muncul juara baru. Penghitungan dimulai dari Brasil yang keluar sebagai kampiun pada 1958 usai mengalahkan Swedia 5-2 di partai puncak.

Berselang 20 tahun kemudian atau pada edisi 1978, Argentina menjadi jawara baru setelah di final menumbangkan Belanda 3-1. Kemudian di edisi 1998, giliran Prancis yang meraih trofi Piala Dunia pertama.

Loading...

Bermain di kandang sendiri, Les Bleus –julukan Prancis– menjadi yang terbaik setelah di final menumbangkan Brasil 3-0! Sekarang yang jadi pertanyaan, mungkinkah siklus 20 tahunan tersebut kembali berlanjut?

Peluang itu ada, mengingat salah satu finalis Piala Dunia 2018 ialah negara yang belum pernah mencicipi trofi Piala Dunia. Negara yang dimaksud ialah Kroasia. Vatreni –julukan Kroasia– memiliki modal untuk keluar sebagai juara di Piala Dunia 2018.

Tim asuhan Zlatko Dalic itu menyapu bersih tiga laga di fase grup dengan kemenangan, termasuk mengalahkan Argentina 3-0. Sementara itu di fase gugur, Luka Modric dan kawan-kawan menunjukkan kekuatan mental dengan menyingkirkan Denmark, Rusia dan Inggris via perpanjangan waktu.

Karena itu, Prancis yang menjadi lawan Kroasia di final wajib waspada. Meski diunggulkan, Prancis berpotensi dikejutkan oleh Kroasia. Prancis pun sempat merasakan kesedihan, yakni kalah di final meski dijagokan meraih kemenangan. Momen itu dirasakan Prancis saat ditundukkan Portugal 0-1 di final Piala Eropa 2016.

 


Sumber Okezone




Loading...

Berita Terkait

Tulis Komentar