Empat Parpol Pendukung Jokowi Diklaim Akan Dukung Prabowo

  • Jumat, 13 Juli 2018 - 07:02:30 WIB | Di Baca : 1168 Kali

 

SeRiau-  Sekertaris Jenderal Partai Gerindra Ahmad Muzani menyebut akan ada partai yang sebelumnya tergabung dalam koalisi Partai Pendukung presiden petahana, Joko Widodo (Jokowi), merapat ke kubu Prabowo Subianto untuk Pilpres 2019.

"Ada (yang merapat) minimal satu, dua," kata Muzadi di Gedung DPP Partai Gerindra, Jakarta Selatan, Kamis (12/7).


Namun, saat ditanya kira-kita partai mana yang bergabung, Muzani hanya tertawa dan meminta kepada masyarakat untuk menunggu.


"Nanti, nanti yah. Semuanya tunggu saja," kata dia seraya tersenyum.

"Minimal empat partai, saya tidak mau sebut ya jelasnya gimana. Yang jelas kami terus ada komunikasi," sambungnya.

Muzani juga membantah terkait kemungkinan terbentuknya poros ketiga di Pilpres 2019. Sebab kata dia, kemungkinan munculnya poros baru itu pun sangat kecil. 

"Kalau liat nada-nada ini, (poros ketiga) agak sulit terbentuk," ungkapnya.


Sejauh ini, Gerindra baru 'berkoalisi' dengan PKS untuk Pilpres 2019. Namun, koalisi yang telah terbentuk sejak Pilpres 2014 itu pun masih tergantung dari cawapres yang akan ditunjuk Prabowo. PKS masih bersikukuh agar Prabowo memilih kadernya sebagai cawapres.

Saat ditemui kemarin, Ketua DPP Gerindra Sufmi Dasco Ahmad mengisyaratkan pihaknya tak akan meninggalkan PKS dari koalisi.

"Kemungkinan besar dan mudah-mudahan kami tidak akan meninggalkan PKS yang sudah sangat setia kepada kami," kata Dasco di Gedung DPR, Jakarta, Rabu (11/7).

Ditemui hari ini, Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera pun menegaskan masih bermitra dengan Gerindra kendati koalisi pendukung Prabowo Subianto tak kunjung mendeklarasikannya secara resmi. Mardani menyiratkan koalisi pendukung Prabowo sampai saat ini masih solid.

"Insyaallah kita akan bersama dan tetap yakin Pak Prabowo atau yang lain tetap bersama 9 kader PKS," kata Mardani yang ditemui usai diskusi di bilangan Cikini, Kamis (12/7).


Mardani beralasan partainya belum juga mendeklarasikan dukungan ke Prabowo karena masih menunggu kemungkinan partai lain bergabung. Partai lain yang dimaksud oleh Mardani itu adalah Demokrat dan PAN.

"Katakan Gerindra PKS sudah oke, PAN gabung ayo, kalau Demokrat mau gabung berarti ada empat," tukas Mardani.

Selain itu, PAN pun mengisyaratkan bergabung untuk mendukung Prabowo sebagai capres 2019 seperti yang mereka lakukan pada 2014 silam. Namun, itu akan dilakukan andai Prabowo memilih nama yang disodorkan sebagai cawapres.

"Kalau Bang Zul (Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan) jadi cawapres oleh Prabowo, PAN siap deklarasi," kata anggota DPR dari fraksi PAN, Yandri Susanto di Kompleks Parlemen, Kamis (12/7).


Yandri mengatakan PAN tidak akan memaksa Prabowo untuk memilih Zulhas sebagai pendampingnya. 

Anggota Komisi II DPR ini juga menambahkan internal PAN telah memiliki daftar nama yang bisa dijagokan dalam Pilpres 2019 selain Zulkifli Hasan, yakni Amien Rais, Hatta Rajasa, dan Soetrisno Bachir. 

"Di luar internal kami (PAN) ada Pak Anies dan Pak Gatot. Mereka menurut kami peluangnya besar," ujarnya.

Pada Pilpres 2014 silam, Prabowo menggandeng kader PAN, Hatta Rajasa untuk bertarung dalam Pilpres.( Sumber : CNNindonesia.com)





Berita Terkait

Tulis Komentar