3 Venue Asian Games yang Tak Dapat Ditempuh Dalam Waktu 34 Menit

  • Selasa, 10 Juli 2018 - 05:39:18 WIB | Di Baca : 1208 Kali

SeRiau - Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan mengatakan waktu tempuh perjalanan atlet Asian Games dari Wisma Atlet Kemayoran ke sejumlah venue tidak  semuanya bisa disamaratakan dan ditempuh dalam waktu 34 menit. Setidaknya terdapat 3 venue Asian Games dimana waktu tempuh dari wisma atlet ke venue lebih dari 34 menit.

Beberapa venue yang tidak dapat ditempuh dalam waktu 34 menit yakni dari wisma atlet ke venue pencak silat di kawasan Taman Mini yang sejauh 29 kilometer, lalu menuju venue bola tangan di Cibubur sejauh 35 kilometer, dan terjauh menuju Pondok Indah yakni 42 kilometer.

"Yang 3 tujuan memang tidak mungkin bisa dicapai dalam waktu dibawah waktu 34 menit. Kenapa? Ya karena memang jaraknya jauh," kata Anies di Jakarta, Senin 9 Juli 2018

Menurut Anies, sebenarnya jika atlet dapat ditempatkan di daerah lain yang dekat venue,  itu akan lebih memudahkan. Tetapi hal itu tak bisa dilakukan mengingat Organizing Committee of Asia (OCA) atau Komite Asian Games mengharuskan para atlet tinggal di Wisma Atlet.  

"Kalau saja mereka boleh tinggal di lokasi yang dekat misalnya di pondok indah itu kan juga ada tempat tinggal, itu akan lebih leluasa," ujarnya.

Anies mengatakan, telah membicarakan hal ini dengan INASGOC, dan ternyata waktu tempuh tersebut tidam memjadi masalah dan masih dapat dimaklumi. Karena hampir di semua tempat perhelatan Asian Games, venue Golf lokasinya jauh dari wisma. Kemudian para atlet pun disarankan berangkat dari pukul 04.30 WIB pagi.  

Anies mengatakan, titik yang penting dan memerlukan waktu tempuh lebih cepat justru berada di Kawasan Gelora Bung Karno. Karena nanti semua kegiatan akan terpusat di sana.

"Yang penting justru ke GBK atau senayan ya, karena disanalah pusat kegiatan yang terbesar. yang lain- lain deket apalagi kegiatannya terkait dengan air, di sekitar ancol. atau sekitar kemayoran itu cepat sekali sampainya," ujarnya

Seperti diketahui, Organizing Committee of Asia (OCA) atau Komite Asian Games memiliki standar terkait waktu tempuh yang dilalui para atlet menuju venue atau tempat pertandingan. Standar waktu yang ditentukan dari Wisma atlet menuju Asian Games tak boleh lebih dari 34 menit. (**H)


Sumber: VIVA





Berita Terkait

Tulis Komentar