Laga Laos Vs Filipina Pecahkan Rekor Gol Piala AFF U-19 2018

  • Selasa, 10 Juli 2018 - 05:21:08 WIB | Di Baca : 1171 Kali

SeRiau - Rekor gol dalam satu pertandingan Piala AFF U-19 2018 kembali pecah. Hal itu terjadi pada pertandingan pamungkas Grup A antara Laos dan Filipina di Stadion Gelora Joko Samudro, Senin (9/7/2018). 

Laos yang sudah tak punya kans untuk lolos, mencatat kemenangan telak 7-2 atas Filipina. Jumlah 9 gol dalam satu laga ini memecahkan rekor sebelumnya saat Myanmar menang 7-1 atas Brunei Darussalam pada laga Grup B. 

"Pertandingan hari ini secara keseluruhan berlangsung cukup baik bagi kami. Saya senang melihat apa yang sudah dilakukan oleh para pemain dalam laga tadi," ujar pelatih timnas U-19 Laos, Chusak Sriphum, selepas pertandingan.

Dalam pertandingan itu, Laos memetik kemenangan berkat gol yang diciptakan oleh Phoutthasone Vongkosy pada menit ke-4, quat-trick dari Bounphachan Bounkong (35', 40', 47', 55'), serta brace Nilan (79', 85').

Lebih menarik lagi, gol Bounkong pada menit ke-47, merupakan assist dari kiper Kitorm Venvongsot. Venvongsot melepas umpan panjang dari areanya, kemudian Bounkong melakukan solo run dan berhasil menyambut umpan tersebut untuk menjebol gawang lawan.

"Kiper kami bermain cukup bagus, meski kemudian dia saya ganti karena ingin berikan kesempatan kepada kiper. Ini merupakan generasi bagus bagi Laos yang akan terus kami kembangkan.

"Kami memang memiliki proyek pengembangan pemain muda sejak U-15, dengan pelatih dari Singapura. Tim ini salah satu hasilnya. Ini jelas potensi bagus buat Laos ke depan," kata dia.

Meski demikian, ada satu hal yang disorot pelatih Laos dari timnya. Hal itu adalah sisi emosional mereka. 

Satu pemain Laos harus meninggalkan pertandingan lebih cepat yakni Lextoxa Thongsavath, seusai berkelahi dengan Shanden Tubigon Vergara. Keduanya langsung diganjar kartu merah oleh wasit. (**H)


Sumber: KOMPAS.com





Berita Terkait

Tulis Komentar