Permainan Jalur-jalur Seluncur Enaw Jadi Andalan Riau di Festival Olahraga Tradisional

  • Selasa, 03 Juli 2018 - 18:45:14 WIB | Di Baca : 122 Kali
Ilustrasi Olahraga Tradisional (internet)

SeRiau - Permainan tradisional dari Kabupaten Kuansing terpilih untuk mewakili Riau di ajang Festival Olahraga Tradisional tingkat Nasional di Jambi pada 9 Juli 2018 nanti.

Hal itu dikatakan oleh Kadispora Riau, Doni Aprialdi, Senin (2/7/2018). "Permainan tradisional jalur-jalur seluncur enaw dari Kuansing akan mewakili Riau di festival olahraga tradisional tingkat nasional di Jambi," ucapnya.

Terpilihnya permainan ini berdasarkan hasil seleksi yang dilakukan pada bulan April lalu. Dimana, pada saat seleksi tersebut diikuti 9 dari 12 kabupaten/kota di Provinsi Riau.

Loading...

Dari seleksi tersebut, terpilihlah Permainan tradisional dari Kuansing yang bernama jalur-jalur seluncur enaw.

Permainan jalur-jalur seluncur enaw kata Doni, dimainkan oleh 15 orang dan semua pemainnya diambil dari Kabupaten Kuansing.

Dari segi permainan, menurut Doni memang kurang meanarik. Akan tetapi, permainan ini diiringi dengan musik dan juga ada tariannya. Sehingga hal itulah yang membuat permainan ini bisa menarik dan berkesan.

"Pada festival nanti, Doni berharap permainan tradisional yang dulunya kita mainkan saat kita masih kecil bisa dimainkan lagi. Apalagi saat ini jaman gadget dan handphone, anak-anak sibuk dengan hapenya masing-masing, sehingga tidak ada kamunikasi dan sosialosasi," ungkap Doni.

"Oleh karena itu, kita sangat berharap dengan adanya permainan tradisional ini bisa menumbuhkan rasa peduli dan menghilangkan sifat-sifat egois," pungkasnya. (**H)




Loading...

Berita Terkait

Tulis Komentar