Diduga Keracunan, Gajah Betina Ditemukan Membusuk di Perkebunan Sawit

  • Ahad, 01 Juli 2018 - 08:16:05 WIB | Di Baca : 1464 Kali

SeRiau - Tim gabungan Balai Konservasi Sumber Daya Alam Bengkulu menemukan bangkai gajah sumatera (Elphas maximus Sumatrae) betina yang telah membusuk di kebun kelapa sawit milik warga Kecamatan Sungai Rumbai, Kabupaten Mukomuko. Diduga gajah tersebut mati keracunan.

"Identitas gajah yang mati itu jenis betina indukan dengan umur berkisar 20 sampai 30 tahun," kata Kepala Resor BKSDA Air Hitam Kabupaten Mukomuko Selamet Riadi. Dikutip dari Antara, Minggu (1/7).

BKSDA Bengkulu membawa dokter hewan untuk mengidentifikasi dan menyelidiki penyebab kematian Gajah Sumatera tersebut. Tim mengambil beberapa sampel organ gajah tersebut seperti otak, hati, paru-paru, isi lambung, usus dan jantung.

Berdasarkan data yang diperoleh dari tempat ditemukan gajah itu, ada bekas pondok kebun milik warga yang sudah dirusak hampir rata dengan tanah.

Selain itu ada bekas racun rumput di lokasi penemuan bangkai gajah tersebut. Patut diduga pondok yang rusak itu diperkirakan dirusak oleh gajah yang sedang mencari makan dan kemudian hewan besar itu menelan racun rumput.

"Namun dokter masih menyelidiki penyebab pasti kematian gajah tersebut," terangnya. (**H)


Sumber: Merdeka.com





Berita Terkait

Tulis Komentar