JK: Venue Asian Games Siap Digunakan

  • Sabtu, 30 Juni 2018 - 16:38:30 WIB | Di Baca : 1229 Kali

SeRiau - Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla (JK) selaku Ketua Dewan Pengarah Asian Games 2018 didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono selaku Ketua Pelaksana Bidang Sarana dan Prasarana mengatakan hampir semua venue sudah selesai dan siap digunakan pada Asian Games 2018 yang akan dimulai pada 18 Agustus 2018. 

Venue yang belum selesai ditargetkan akan rampung paling lambat 20 Juli 2018.  Demikian disampaikannya usai meninjau sejumlah venue Asian Games 2018 yakni venue sepeda BMX di Rawamangun, Venue Stadion Utama GBK, Hoki dan Tenis di Kompleks Gelora Bung Karno, Senayan serta IT Center di Kantor Inasgoc. Setelah meninjau ketiga venue, Wapres langsung menggelar rapat di kantor Inasgoc. 

"Saya ucapkan terima kasih kepada Kementerian PUPR, venue dapat diselesaikan sesuai jadwal.  Venue yang tadi kita lihat merupakan yang terbaik di dunia sebelum Olimpiade Tokyo. Saya melihat sendiri kompleks Olimpiade di London, kompleks olahraga di Senayan lebih baik. Venue dibangun dengan standar internasional termasuk yang di Palembang," kata Jusuf Kalla  dalam keterangan tertulis, Sabtu (30/6/2018).   

Turut hadir dalam kunjungan tersebut, Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara, Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Chef de Mission (CdM) Kontingen Indonesia untuk Asian Games 2018 Komisaris Jenderal (Pol) Syafruddin, Ketua Inasgoc Erick Thohir, Ketua Inapgoc Raja Sapta Oktohari, dan Ketua KONI Tono Suratman.

Selanjutnya

Sejumlah lokasi yang ditinjau JK di Jakarta antaranya Venue Sepeda BMX yang berada di kawasan Pulomas, Jakarta Timur. Sedangkan di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SU GBK), lokasi yang ditinjau di antaranya venue hoki, venue tenis outdoor, serta IT Center di Kantor Inasgoc dan dilanjutkan rapat di kantor Inasgoc. 

Pada kunjungan di Venue Balap Sepeda BMX, Jusuf Kalla dan Basuki menyempatkan mencoba lintasan menggunakan sepeda BMX. Sementara saat di Venue Hoki dan Tenis, Wapres melihat para atlet yang tengah berlatih.  Selain venue, saat ini para atlet pelatnas Asian Games tengah melakukan latihan intensif dan uji coba baik di dalam negeri maupun luar negeri. Dengan kemajuan persiapan tersebut, Indonesia akan mendulang prestasi sesuai target.

"Sehingga target (sukses) pembangunan infrastruktur, (sukses) penyelenggaraan, dan (sukses) prestasi atlet InsyaAllah bisa tercapai dengan baik," ujar Jusuf Kalla.

Menteri Pekerjaan Unum dan Perumahan Rakyat (PUPR)  Basuki Hadinuljono mengatakan, untuk venue di kawasan GBK sudah rampung seluruhnya, hanya menyisakan venue squash karena baru diputuskan untuk dibangun pada akhir Februari 2018. "Saat ini sudah 99 persen dan tanggal 12 Juli 2018 ditargetkan sudah rampung,"ujar dia.

Adapun venue yang berada di Kompleks GBK Jakarta antara lain Stadion Utama, Training Facility, Stadion Akuatik, Lapangan Panahan, Lapangan Hoki, Lapangan Sepak Bola A/B/C, Istora, Stadion Tenis Inddoor, Stadion Tenis Outdoor, Stadion Madya, Gedung Basket, Lapangan Baseball, Lapangan Basket A/B/C, serta Lapangan Rugby.

Turut hadir mendampingi Menteri Basuki diantaranya, Direktur Jenderal Cipta Karya Sri Hartoyo dan Direktur Bina Penataan Bangunan Ditjen Cipta Karya Iwan Suprijanto. (**H)


Sumber: Liputan6.com





Berita Terkait

Tulis Komentar