Trump dan Putin Disebut Bakal Adakan Pertemuan di Helsinki

  • Rabu, 27 Juni 2018 - 06:00:46 WIB | Di Baca : 208 Kali

SeRiau - Seorang pejabat senior Pemerintah Amerika Serikat mengatakan bahwa ibu kota Finlandia, Helsinki, berada dalam pertimbangan menjadi lokasi pertemuan antara Donald Trump dengan Presiden Rusia Vladimir Putin.

Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo mengatakan pada akhir pekan lalu bahwa Trump bakal bertemu Putin dalam waktu yang tak terlalu lama, setelah kunjungannya ke Moskow pada pekan ini.

Sedangkan pejabat senior Gedung Putih yang tak ingin disebutkan identitasnya mengatakan keputusan final lokasi pertemuan Putin dengan Trump bergantung pada hasil diplomasi penasihat Trump, John Bolton dengan Rusia.

Loading...

Namun, pejabat anonim tersebut menyebut Helsinki adalah kota yang sejauh ini paling mungkin menjadi lokasi pertemuan.

Di sisi lain, ibu kota Austria, Wina juga sempat disebut menjadi alternatif lain sebagai lokasi pertemuan tingkat tinggi tersebut. Namun pejabat anonim itu mengatakan pilihan akan Wina telah ditanggalkan.

Presiden Finlandia, Sauli Niinisto berkicau melalui akun media sosial Twitter miliknya merespons anggapan Helsinki menjadi lokasi pertemuan Trump dan Putin.

"Finlandia selalu siap untuk menawarkan pelayanan yang baik bila diminta," kata Niinisto.

Pertemuan kedua pemimpin negara besar ini berpeluang terjadi setelah pertemuan NATO yang bakal berlangsung pada 11 hingga 15 Juli mendatang di Brussels. Trump sendiri diharapkan hadir dalam pertemuan tersebut.

Presiden Donald Trump juga bakal mengunjungi London untuk bertemu dengan Perdana Menteri Inggris, Theresa May.

Sebelumnya Trump mengatakan ia ingin memiliki hubungan yang lebih baik dengan Rusia. Ia pun terakhir kali bertemu Putin dalam ajang pertemuan negara Asia-Pasifik di Vietnam pada November lalu. (**H)


Sumber: CNN Indonesia




Loading...

Berita Terkait

Tulis Komentar