Alasan Trippier Tak Rayakan Gol Kane Saat Inggris vs Tunisia

  • Kamis, 21 Juni 2018 - 13:32:15 WIB | Di Baca : 1133 Kali


SeRiau - Bek sayap kanan timnas Inggris Kieran Trippier menjadi satu-satunya pemain yang tidak ikut dalam selebrasi gol Harry Kane yang memastikan kemenangan 2-1 atas Tunisia di babak penyisihan Grup G Piala Dunia 2018. 

Gol Kane terjadi di masa injury time babak kedua. Tendangan sudut Trippier disundul Harry Maguire, bola mengarah ke posisi Kane di sisi kanan gawang Tunisia. Kane kemudian menyundul bola ke gawang Tunisia.

Kane berlari ke sudut lapangan dan diikuti rekan-rekan setimnya. Saat pemain lain langsung menyerbu Kane, Trippier memilih tetap berada di dalam area setengah daerah pertahanan lawan.

Dilansir The Sun, ada aturan yang disebut bisa menghukum tim yang melakukan selebrasi berlebihan dalam perayaan setelah mencetak gol.

Dewan Asosiasi Sepakbola Internasional (IFAB), yang berwenang menetapkan aturan sepak bola, menyebutkan bahwa salah satu aturan bisa dilakukannya sepak mula atau kick-offadalah ketika pemain sebuah tim tak ada di area tim lawannya.

"Semua pemain, kecuali pemain yang hendak melakukan sepak mula, harus berada di setengah wilayah permainannya masing-masing," demikian dikutip dari situs theifab.

Secara teoritis, itu juga bisa berarti tim diizinkan untuk melakukan kick-off ketika tim yang baru saja mencetak gol masih melakukan selebrasi dan berada di luar lapangan pertandingan.

Kendati demikian, aturan tersebut masih dipertanyakan kejelasannya. Sebab, aturan itu tidak menyebut secara eksplisit bahwa pemain sebuah tim harus berada di areanya atau hanya harus berada di luar area lawannya agar kick-off bisa dilakukan.

Namun, tindakan Trippier adalah upaya sadar yang dilakukan untuk memastikan bahwa setidaknya ada satu orang pemain aktif yang berada di area pertandingan, tepatnya di area tim lawan.

Itu dilakukan demi mengantisipasi tim lawan tidak bisa melakukan kick-off cepat sebelum para pemain Inggris selesai melakukan selebrasi. 

Kejadian serupa juga dilakukan Portugal saat Cristiano Ronaldo mampu menyamakan kedudukan 3-3 atas Spanyol secara dramatis di babak penyisihan Grup B Piala Dunia 2018.

Salah seorang pemain Portugal tertangkap kamera meminta pemain lain, yang disebut sebagai Jose Fonte, untuk tetap berada di lapangan sementara pemain lain melakukan selebrasi bersama Ronaldo di area luar lapangan. 

 

 

 

(sumber CNN Indonesia)





Berita Terkait

Tulis Komentar