Pilgubri Tinggal Menghitung Hari, Romi : KPU Harus Tekan Angka Golput

  • Rabu, 20 Juni 2018 - 16:09:48 WIB | Di Baca : 112 Kali
Wakil Ketua DPRD Pekanbaru Jhon Romi Sinaga SE

 

SeRiau- Meski waktu helat Pemilihan Gubernur Riau (Pilgubri) sepekan lagi, kalangan DPRD Pekanbaru meminta KPU Riau dan KPU  kabupaten/kota, untuk memastikan angka golput minim. Tentunya, KPU harus serius dalam meningkatkan partisipasi pemilih dalam Pilgubri, yang dihelat pada 27 Juni mendatang.

Tenggang waktu ini, harus lebih intensif digunakan untuk melakukan sosialisasi kepada masyarakat luas, terutama pemilih pemula. Wakil Ketua DPRD Pekanbaru Jhon Romi Sinaga SE berharap, partisipasi pemilih pada Pilkada kali ini, harus tinggi dari yang sebelumnya.

Loading...

Artinya, jangan sampai angka golput yang jadi pemenang nantinya. "Partisipasi pemilih di Riau ini masih rendah dibandingkan daerah lainnya. Ini lah tugas KPU agar target 77,5 persen partisipasi pemilih bisa dicapai," pinta Jhon Romi 

Seperti diketahui, khusus di Kota Pekanbaru, Pemko Pekanbaru sudah berjanji, akan memberikan reward kepada petugas yang daerahnya memiliki partisipasi pemilih yang tinggi. Hal ini dilakukan sebagai upaya untuk mendongkrak partisipasi masyarakat untuk menggunakan hak suaranya.

Sebab selama ini, sikap apatis sebagian masyarakat, terutama pemilih pemula sangat rendah. Karena itu, legislator meminta, KPU Pekanbaru, untuk tidak bosan-bosannya melakukan sosialisasi kepada masyarakat. Meski poster, baliho, spanduk serta pelatihan sudah dilakukan, namun diharapkan tidak puas sampai di situ saja.

"Sosialisasi yang kreatif dan mengena, itu yang kini harus dilakukan KPU. KPU sebagai penyelenggara Pemilu, harus terus melakukan evaluasi, agar penyelenggaraan Pemilu berjalan lebih baik,” terangnya.

Sedangkan partainya sendiri (PDI-P), kata Jhon Romi, sudah berupaya keras melakukan sosialisasi secara masif baik secara struktural maupun ke kader. “Kami juga terus melakukan evaluasi, untuk turut mendorong Pilgub 2018 berjalan dengan baik, dan jauh lebih baik dari tahun sebelumnya,” katanya.
Diakuinya, partisipasi pemilih yang tinggi, menunjukkan indikator Pilgub berjalan dengan baik. Berarti masyarakat terlibat dalam menentukan calon pemimpin yang akan datang.

Sekadar diketahui, jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) pada Pilgubri 2018, ditetapkan sebanyak 3.622.488 jiwa. Ketua KPU Riau, Nurhamin mengatakan, bahwa 3,62 juta jiwa tersebut terdiri dari laki-laki sebanyak 1.840.292 pemilih dan perempuan 1.782.196 pemilih.
"Untuk mengakomodir 3,62 juta pemilih tersebut, kami sudah menyiapkan 12.048 TPS yang tersebar di 12 kabupaten dan kota se Riau," katanya. (***)
 




Loading...

Berita Terkait

Tulis Komentar