Putin Undang Kim Jong Un Berkunjung ke Rusia

  • Senin, 04 Juni 2018 - 20:23:13 WIB | Di Baca : 1180 Kali

SeRiau - Presiden Rusia, Vladimir Putin, dilaporkan mengundang Pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong Un berkunjung.

Dilansir Yonhap Senin (4/6/2018), harian RIA Novosti mengutip seorang pejabat Rusia melaporkan, surat itu diserahkan Menteri Luar Negeri Sergey Lavrov.

Lavrov berkunjung ke Korut Kamis pekan lalu (31/5/2018) untuk merayakan peringatan 70 tahun hubungan diplomatik Rusia dan Korut.

Selain itu, Lavrov juga membahas soal rencana pertemuan Kim dengan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump di Singapura 12 Juni mendatang.

Juru bicara Kremlin Dmitry Peskov berujar, Putin kemungkinan bakal mengundang Kim untuk berkunjung ke kawasan timur Rusia, Vladivostok.

Di kota tersebut, bakal digelar Forum Ekonomi Timur Keempat yang akan diselenggarakan pada 11-13 September mendatang.

Peskov menjelaskan, bisa tidaknya kunjungan itu diselenggarakan tergangtung keputusan pemimpin yang berkuasa di Korut sejak 2011 tersebut.

"Waktu bakal menunjukkan sejauh mana pihak Korut bakal merasa nyaman," tutur Peskov sebagaimana diberitakan oleh Russian Today.

Dia tidak menyebut agenda apa yang bakal dibahas jika Kim jadi bertolak ke Vladivostok. "Segala isu soal pertemuan itu dibahas melalui jalur diplomasi," tuturnya.

Dalam surat tersebut, Putin juga menyatakan harapannya agar pertemuan dengan Trump bisa berjalan sukses sehingga perdamaian di Semenanjung Korea terwujud.

Dalam pertemuannya dengan Lavrov, Kim menegaskan komitmennya untuk melaksanakan denuklirisasi di Semenanjung Korea.

Kim berharap, hubungan AS dan Korut, maupun denuklirisasi, bisa diselesaikan secara bertahap melalui dialog yang efektif dan membangun. (**H)


Sumber: KOMPAS.com





Berita Terkait

Tulis Komentar