Dubes RI Serahkan Surat Kepercayaan kepada Presiden Portugal

  • Kamis, 31 Mei 2018 - 01:09:15 WIB | Di Baca : 1219 Kali

SeRiau - Prosesi upacara penyerahan surat kepercayaan dimulai dengan ketibaan Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh Republik Indonesia untuk Republik Portugal Ibnu W. Wahyutomo di Praça do Império pada pukul 15.45 waktu setempat. 

Dengan dikawal oleh pasukan berkuda, Duta Besar RI kemudian menuju Palacio de Belém untuk bertemu dengan Presiden Marcelo Rebelo de Sousa, demikian siaran pers KBRI Lisabon kepada kumparan Den Haag (kumparan.com), Rabu (30/5).

Penyerahan Surat Kepercayaan Dubes Ibnu W. Wahyutomo kepada Presiden Republik Portugal Marcelo Rebelo de Sousa itu berlangsung di Istana Kepresidenan Palacio de Belém, Lisabon (29/5). Hi

Dalam pertemuan dengan Presiden Portugal setelah upacara penyerahan surat kepercayaan, Duta Besar RI menyampaikan salam hangat Presiden Joko Widodo dan rakyat Indonesia kepada Presiden Portugal dan rakyat Portugal. 

Dubes juga mengutarakan harapan agar kerjasama Indonesia dan Portugal dapat makin erat dan terus meningkat di masa mendatang. 

“Indonesia memiliki prioritas untuk meningkatkan kerja sama perdagangan dan investasi dengan Portugal,” ujar Dubes.

Menurut Dubes, hal tersebut sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo agar Indonesia bisa mendapatkan manfaat nyata dari tiap hubungan bilateral dengan negara sahabat. 

“Selain perdagangan dan investasi, Indonesia juga memiliki prioritas untuk meningkatkan hubungan antar masyarakat kedua bangsa yang telah terjalin lima abad lalu,” imbuh diplomat karir senior Kemlu RI.

Sementara itu Presiden Portugal menyampaikan bahwa Indonesia adalah bangsa besar dan merupakan pemimpin di kawasan ASEAN. Oleh karena itu, Indonesia diharapkan dapat memainkan peran besar di fora internasional, seperti halnya Portugal yang terus berupaya berperan di dunia internasional. 

Salah satunya adalah pengangkatan António Guterres, mantan Perdana Menteri Portugal, sebagai Sekretaris Jenderal PBB saat ini.

Sebelumnya kunjungan Presiden Cavaco Silva ke Indonesia tahun 2012 dan kunjungan balasan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono ke Portugal tahun 2014 lalu telah menjadi simbol komitmen untuk mempererat hubungan diplomatik kedua negara.

Sejak pemulihan hubungan diplomatik Indonesia-Portugal tahun 1999, Duta Besar Ibnu W. Wahyutomo adalah Duta Besar ke-5 yang dipercaya oleh Pemerintah Indonesia sebagai Duta Besar LBBP RI untuk Republik Portugal. 

Posisi yang sama sebelumnya pernah dijabat oleh Dubes Harry Pryohoetomo Haryono (2001-2004), Dubes FX Lopes da Cruz (2005-2008), Dubes Albert Matondang (2010-2014), dan Dubes Mulya Wirana (2014-2017). (**H)


Sumber: KumparanNEWS





Berita Terkait

Tulis Komentar