Jangan Berlebihan Minum Air Putih, Bisa Diare hingga Pembengkakan Otak

  • Senin, 28 Mei 2018 - 11:50:05 WIB | Di Baca : 96 Kali

SeRiau - MINUM air putih disarankan cukup delapan gelas sehari. Musababnya, bila berlebihan dampaknya justru bisa merusak organ tubuh secara perlahan-lahan.

Lantas, seberapa banyak jumlah ideal air yang diminum dalam sehari? Asupan cairan harian bervariasi dan tergantung pada jenis kelamin, usia, kondisi medis, dan aktivitas harian.

Dilansir Boldsky, Senin (28/5/2018), National Academics of Sciences Engineering Medicine merekomendasikan wanita untuk minum 2,7 liter air dan pria untuk minum total 3,7 liter air. Tapi secara garis besar, Anda cukup memenuhi kebutuhan minum air sebanyak 8 liter sehari dengan memilih jenis minuman yang tepat dan tidak menimbulkan efek samping bagi tubuh. Tak tanggung-tanggung, kelebihan asupan air dapat memicu beragam penyakit mematikan, berikut ulasannya:

Loading...


Hiponatremia

Gangguan ini terjadi ketika ada penurunan kadar natrium yang terjadi karena cepat overhidrasi. Natrium sangat penting untuk tubuh, karena membantu dalam pensinyalan sel dan melakukan fungsi lain dalam tubuh. Saat kadar natrium Anda turun, Anda mungkin mengalami mual, kelelahan atau bahkan mungkin sakit kepala.

Hypokalaemia

Minum air berlebihan juga dapat menyebabkan hipokalemia atau penurunan ion kalium. Pada saat itu terjadilah keseimbangan antara ion kalium intraseluler dan ekstraseluler terhambat. Ini dapat menyebabkan diare berat dan berkeringat berkepanjangan.
(Baca Juga: Midnight Sale di Jakarta untuk Berburu Baju Lebaran, Catat Tanggalnya!)

Pembengkakan otak

Ketika ada pengurangan natrium dalam tubuh, air masuk sel melalui membran sel semipermeabel. Ini menghasilkan pembengkakan sel-sel otak dan dapat menyebabkan kerusakan serius pada otak, jaringan otot dan organ.

Ginjal

Konsumsi air berlebih dapat memberi tekanan pada ginjal Anda untuk berfungsi secara konstan. Ginjal memiliki kemampuan untuk menyaring satu liter cairan per jam dari tubuh dan lebih dari itu, ginjal harus bekerja ekstra keras untuk menjaga homoeostasis.

Gangguan fungsi jantung

Jantung melakukan banyak fungsi vital dari memompa darah untuk mensuplai oksigen dan nutrisi ke jaringan. Ketika Anda minum terlalu banyak air, dapat meningkatkan volume darah di dalam tubuh. Peningkatan ini akan memberikan tekanan yang tidak perlu pada pembuluh darah dan jantung.

 

sumber Okezone




Loading...

Berita Terkait

Tulis Komentar