Anies Harap Masjid di Jakarta Daur Ulang Air Wudu

  • Jumat, 25 Mei 2018 - 17:08:46 WIB | Di Baca : 121 Kali

SeRiau - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berharap masjid-masjid di Jakarta bisa menerapkan sistem pembangunan berkelanjutan atau sustainable development. Salah satunya dalam pengelolaan limbah air wudu.

Anies menceritakan pengalamannya saat mengikuti salat tarawih di salah satu masjid di kawasan Jakarta Timur. Masjid itu berkonsep masjid sahabat bumi. Sebab, sejak 2004 masjid itu rutin mendaur ulang air wudu untuk digunakan kembali.

"Jadi semua air yang digunakan untuk wudhu kemudian di daur ulang. Disiapkan sumur resapan lalu ada proses untuk pengolahan air yang baik. Kemudian airnya digunakan lagi untuk wudu," ujar Anies saat meresmikan Masjid As-Salam Joglo, Kembangan, Jakarta Barat, Jumat (25/5).

Loading...

Anies menyebut ada sekitar 9 ribu masjid dan musala yang ada di Jakarta. Anies berharap masjid yang baru saja diresmikannya itu juga dapat menerapkan konsep yang sama dalam mengelola air wudhunya.

"Pengelolaannya membuat kita di Jakarta bisa berikan contoh, bahwa di masjid bisa jadi pengelolaan (limbah air) yang baik," tutur dia.

Anies menjelaskan, permukaan air di Jakarta terus menerus turun setiap tahunnya hingga 7 sentimeter. Maka dari itu, ia berharap pengelolaan air dengan konsep berkelanjutan bisa diterapkan di seluruh masjid di Jakarta. Tujuannya agar bisa menjaga ketersediaan air di Jakarta. 

"Jadi semua tempat-tempat ini supaya ikut menjadikan masjid sebagai percontohan masjid yang ramah lingkungan. Di sini sudah ada 7 (resapan air), insyaallah sustainable development," tutup Anies. (**H)


Sumber: kumparanNEWS




Loading...

Berita Terkait

Tulis Komentar