Pertama Kalinya, Pertumbuhan Populasi Miliarder di Asia Salip Amerika

  • Sabtu, 19 Mei 2018 - 11:16:05 WIB | Di Baca : 385 Kali

SeRiau - Pertumbuhan populasi miliarder di negara-negara kawasan Asia Pasifik pada 2017 meningkat signifikan hingga dapat menyalip populasi miliarder negara-negara di Amerika.

Hal ini terungkap dalam laporan sensus miliarder 2018 yang dikeluarkan oleh Wealth-X pekan ini. Wealth-X merupakan lembaga riset yang fokus pada data tentang masyarakat berpendapatan tinggi.

Berdasarkan laporan Wealth-X yang diperoleh Kompas.com, didapati pertumbuhan populasi miliarder di Asia Pasifik sebesar 29 persen. Pertumbuhan populasi miliarder terbesar kedua ada di negara-negara Amerika sebesar 11 persen, kemudian disusul dengan negara-negara di Eropa, Timur Tengah, serta Afrika 9 persen.

Loading...

"Total miliarder di Asia saat ini sebanyak 784 orang, menyalip Amerika Utara untuk pertama kalinya dengan jumlah miliarder sebanyak 727 orang," demikian penggalan isi laporan Wealth-X.

Perkembangan populasi miliuner tersebut berbanding lurus dengan peningkatan kekayaan mereka. Jumlah kekayaan para miliuner di Asia Pasifik meningkat hampir 50 persen, lebih tinggi dari jumlah kekayaan miliuner di Amerika yang meningkat 22 persen serta 12 persen untuk negara-negara Eropa, Timur Tengah, serta Afrika.

Adapun faktor pendorong utama berkembangnya populasi miliarder serta meningkatnya kekayaan mereka di Asia Pasifik adalah performa pasar modal yang kuat serta stabilnya nilai tukar mata uang tiap negara terhadap dollar AS. Peningkatan prestasi miliarder yang paling dominan di Asia Pasifik sepanjang 2017 ada di negara China dan India. (**H)


Sumber: KOMPAS.com




Loading...

Berita Terkait

Tulis Komentar