PAN Bantah Telah 'Beri Sinyal' Dukung Prabowo di Pilpres 2019

  • Sabtu, 19 Mei 2018 - 04:38:59 WIB | Di Baca : 1127 Kali

SeRiau - Sekretaris Jenderal Partai Amanat Nasional Eddy Soeparno mengatakan, PAN belum memutuskan apakah akan mendukung Presiden Joko Widodo atau berkoalisi dengan Partai Gerindra yang mengusung ketua umumnya, Prabowo Subianto.

"Kami masih menunggu rakernas (rapat kerja nasional). Itu adalah forum resmi dalam mengambil keputusan kami terkait arah politik 2019," kata Eddy di Gedung DPP PAN, Jumat (18/5/2018).

Selain itu, Eddy juga membantah bahwa Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan telah memberikan sinyal bahwa partainya bergabung dalam Sekretariat Bersama (Sekber) yang dibangun Partai Gerindra dan PKS.

Meski begitu, Eddy enggan mengatakan ke mana arah dukungan PAN dalam pilpres mendatang.

"Apa pun yang saya katakan sekarang sifatnya hanya asumsi saja, tunggu sampai ada keputusan definitif," ujar Eddy.

Lebih lanjut, saat ditanya mengenai kemungkinan terbentuknya poros ketiga dalam Pilpres 2019, Eddy hanya menjawab secara normatif.

"Ini politik, Bung. Politik adalah seni dari segala kemungkinan," kata Eddy.

Eddy kembali mengatakan, sikap PAN terkait dukungan pada Pilpres 2019 baru akan ditentukan dalam rapat kerja nasional (rakernas) pada Mei mendatang.

Saat ini ada lima partai politik di parlemen yang telah menyatakan dukungan ke Presiden Jokowi, yakni PDI-P, Partai Golkar, Partai Nasdem, PPP, dan Partai Hanura.

Sedangkan PKB, PAN, dan Partai Demokrat belum menyatakan dukungan.

Adapun, Partai Gerindra dan PKS meskipun kemungkinan akan kembali berkoalisi, namun belum mendeklarasikan dukungan untuk mengusung Prabowo sebagai capres.

PAN pada Pilpres 2014 lalu bergabung dengan koalisi Partai Gerindra, PKS, Partai Golkar, PAN, PPP yang mengusung Prabowo Subianto-Hatta Rajasa.

Tiga partai terakhir kemudian beralih dan menjadi partai pendukung pemerintah Presiden Jokowi. (**H)


Sumber: TRIBUNNEWS.COM





Berita Terkait

Tulis Komentar