PKS: Pasukan 'Super Elite' TNI Tak Perlu Permanen

  • Jumat, 18 Mei 2018 - 21:44:25 WIB | Di Baca : 1156 Kali

SeRiau - Wakil Ketua Majelis Syuro PKS Hidayat Nur Wahid (HNW) meminta sifat kerja Komando Pasukan Khusus Gabungan (Koopssusgab) TNI untuk antiteror bersifat sementara. HNW menilai polisi masih mampu menanggulangi terorisme.

"Tidak perlu permanen karena keperluannya dalam posisi di mana polisi sudah tidak mampu dan dalam posisi di mana kejahatan terorisme sangat luar biasa dahsyatnya, sehingga negara dalam kondisi darurat," ujar HNW di Istana Negara, Jakarta Pusat, Jumat (18/5/2018).

"Karena polisi masih mampu. Silakan hukum ditegakkan," imbuhnya.

HNW menegaskan upaya pemberantasan terorisme harus berpayung hukum. Ia juga meminta penguatan di bidang intelijen.

"Yang paling banyak dilakukan adalah penguatan intelijen dan penguatan faktor-faktor koordinasi antarlembaga intelijen untuk pembrantasan terorisme," kata anggota Komisi Pertahanan DPR ini.

Sebelumnya, Presiden Jokowi angkat bicara mengenai Koopssusgab. Pasukan ini terlibat jika dalam kondisi sangat diperlukan.

"Proses membentuk Komando Pasukan Khusus gabungan yang berasal dari Kopasus, Marinir, Paskhas dalam rangka beri rasa aman pada rakyat, tapi dengan catatan itu dilakukan apabila situasi sudah di luar kapasitas Polri," jelas Jokowi. (**H)


Sumber: detikNews





Berita Terkait

Tulis Komentar