Polisi Tangkap Penjual Materai Palsu di Situs Belanja Online

  • Kamis, 17 Mei 2018 - 05:30:52 WIB | Di Baca : 36 Kali

SeRiau - Polres Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, menangkap penjual meterai palsu di situs belanja online. Kasat Reskrim Polres Tanjung Priok AKP Faruq mengungkapkan pelaku bernama Syafuan NS.

“Setahu kita kan materai itu satu harga se-Indonesia. Kalau jual materai murah itu kan pasti kita curiga,” ujar Faruq saat dihubungi kumparan, Rabu (16/5).

Penangkapan tersebut bermula dari masyarakat yang melaporkan ada penjual materai murah di internet. Polisi selanjutnya memesan materai itu kepada pelaku.

Loading...

Setelah pesan diterima, petugas melakukan pengecekan di Perusahaan Umum Percetakan Uang Republik Indonesia (Peruri). Hasilnya meterai tersebut dinyatakan palsu.

"Ternyata kata Peruri itu palsu, makanya kita beli lagi. Setelah itu kita beli bagaimana caranya supaya ditangkap, caranya kalau yang pertama kita melakukan pengiriman, ini kita minta ketemu langsung dalam jumlah (pemesanan) yang banyak,” ujarnya.

Polisi yang menyamar lantas bertemu dengan pelaku di Jalan Gunung Sahari, Pademangan, Jakarta Utara, sekitar pukul 14.30 WIB. Dari pertemuan itu polisi langsung membekuk pelaku.

Barang bukti berupa 46 lembar materai palsu yang berisi 2.300 keping materai disita petugas dalam penangkapan tersebut. Selain itu, polisi juga mengamankan satu unit motor dan satu HP milik pelaku.

“Kami masih dalami kasus ini. Kami juga masih mengejar pelaku lain yang diduga sebagai pencetak materai,” ujarnya. (**H)


Sumber: kumparanNEWS




Loading...

Berita Terkait

Tulis Komentar