Menpora: Negara Peserta Asian Games Harus Percaya Indonesia

  • Kamis, 17 Mei 2018 - 04:09:25 WIB | Di Baca : 1755 Kali

SeRiau - Menpora Imam Nahrawi meminta negara peserta tetap percaya Asian Games 2018 akan tetap berjalan lancar meski dalam beberapa hari belakangan terjadi teror bom di sejumlah wilayah.

Imam juga menilai wajar apabila ada sejumlah negara yang mengeluarkan peringatan untuk sementara tidak mengunjungi Indonesia karena insiden tersebut.

"Itu namanya mereka kaget. Kalau negara lain terjadi sesuatu, kami [Indonesia] juga akan melakukan seperti itu. Toh itu untuk mengingatkan warganya," ucap Imam yang ditemui di Bandara Soekarno-Hatta.

"Tapi dalam penyelenggaraan Asian Games, saya kira mereka harus yakin dan percaya bahwa Indonesia bisa memberikan rasa aman," ucapnya melanjutkan.

Kendati demikian Menpora menegaskan ajang Asian Games 2018 akan dimulai sesuai rencana yakni pada 18 Agustus. Karena INASGOC selaku penyelenggara sudah menyiapkan rencana agar Asian Games berjalan baik.

"Tetap seperti yang saya sampaikan kemarin bahwa standar keamanan akan diberlakukan di Asian Games. Kalau Pak Erick [Thohir, Ketua Panitia Penyelenggara Asian Games 2018] menyebutnya keamanan berlapis. Ini bukan pernyataan baru, tapi itulah standarnya bagi atlet, tamu VIP, VVIP. Termasuk pengamanan pawai obor," Imam menuturkan.

"Yang penting kita harus optimistis. Tidak boleh [Asian Games 2018] mundur sejengkal pun," katanya melanjutkan.

Pada Minggu (13/5), sejumlah serangan bom bunuh diri mengguncang Kota Surabaya. Dilanjutkan dengan ledakan di Sidoarjo pada malam harinya.

Teror di Indonesia tidak saja terjadi pada hari itu. Pada Senin (14/5) giliran Mapolrestabes Surabaya yang menjadi target bom bunuh diri.

Terakhir, sekelompok terduga teroris melakukan penyerangan ke Markas Polda Riau Rabu (16/5) pagi ini menyebabkan satu anggota polisi meninggal, serta dua personel lainnya dan seorang jurnalis terluka. 

 


sumber CNN Indonesia





Berita Terkait

Tulis Komentar