Sederet Artis Terkenal yang Bergabung Jadi Kader PAN

  • Sabtu, 12 Mei 2018 - 07:56:08 WIB | Di Baca : 1626 Kali

SeRiau - Bergabungnya Ketua Umum Partai Idaman, Rhoma Irama, ke PAN menambah daftar artis yang bergabung menjadi kader PAN. Rhoma Irama selama ini memang terkenal sebagai pedangdut yang kemudian terjun ke dunia politik.

Banyak artis tanah air yang terjun ke dunia politik dan memilih PAN sebagai wadah untuk menyampaikan aspirasi politiknya. Tak sedikit para artis tersebut yang berhasil menjadi anggota DPR dari Fraksi PAN. Tentu saja karena modal popularitas mereka sebagai pesohor dan public figure.

Lantas siapa saja artis yang menjadi kader PAN tersebut? Berikut kumparan (kumparan.com) merangkumnya:

1. Rhoma Irama

Pedangdut Rhoma Irama atau yang akrab disapa 'Bang Haji' memang telah lama terjun kedunia politik. Bahkan, ia mendirikan partai politik bernama Partai Idaman untuk menyalurkan ide dan gagasan politiknya. 

Dalam Pemilu 2019 mendatang, Partai Idaman sempat mendaftar menjadi partai politik peserta pemilu. Namun, gagal karena tidak memenuhi sejumlah persyaratan administratif yang ditetapkan oleh KPU. Partai Idaman juga sudah mengajukan banding namun ditolak oleh PTUN.

Pada Jumat (11/5), Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan mengumuMkan bahwa Rhoma dan Partai idaman bergabung ke PAN. Deklarasi resmi tersebut baru akan disampaikan pada Sabtu (12/5) siang. Nantinya, Rhoma akan mendapatkan posisi terhormat di PAN. Sementara para kakder Partai Idaman dipersilakan nyaleg melalui PAN.

2. Eko 'Patrio'

Pria bernama lengkap Eko Hendro Purnomo tersebut selama ini terkenal sebagai seorang pelawak dengan nama panggung Eko 'Patrio'. Eko merupakan salah satu artis yang berhasil menjadi anggota DPR 2014-2019 dari PAN. Di DPR, Eko menjadi anggota Komisi ‎IV yang membidangi Pertanian, Perkebunan, Kehutanan, Kelautan, Perikanan, dan Pangan.

Pada Pileg 2014 mewakili Dapil Jawa Timur VIII. Dalam PAN, Eko saat ini menjabat sebagai Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PAN DKI Jakarta.

3. Desy Ratnasari

Desy Ratnasari terpilih menjadi Anggota DPR dari PAN mewakili Dapil Jawa Barat IV setelah memperoleh 56.397 suara. Selama ini, Desy lebih dikenal sebagai seorang aktris film nasional, pemain sinetron, model, penyanyi, bintang iklan, dan juga pembawa acara.

Di DPR, Desy bertugas di Komisi VIII yang membidangi agama, sosial dan pemberdayaan perempuan. 

4. Primus Yustioso

Primus Yustisio adalah anggota DPR 2009-2014 yang kemudian terpilih kembali di Pileg 2014 dari Dapil Jawa Barat V. Ia merupakan kader PAN. Di periode 2014-2019 Primus bertugas di Komisi VI yang membidangi perdagangan, perindustrian, investasi, koperasi dan BUMN.

Primus juga dikenal sebagai aktor sinetron kawakan Indonesia di era 90-an akhir sampai 2000-an awal. Sinetron Panji Manusia Millenium adalah salah satu sinetron yang mempopulerkan namanya. 

Tahun 2013 Primus sempat diperiksa oleh KPK sebagai saksi dalam Kasus Mega korupsi proyek Hambalang.

5. Anang Hermansyah

Anang Hermansyah merupakan anggota DPR 2014-2019 dari PAN, setelah memperoleh 53.559 suara untuk Dapil Jawa Timur IV. Anang bertugas di Komisi X yang membidangi pendidikan, kebudayaan, pemuda & olahraga, ekonomi kreatif dan pariwisata.

Selama ini, pria kelahiran Jember tersebut terkenal sebagai musisi yang piawai dalam menciptakan lagu. 

6. Marissa Haque Fawzi

Marissa Haque merupakan salah satu kader PAN. Ia bersama suaminya, Ikang Fawzi sempat maju di Pileg 2014 lewat PAN, namun gagal. Karir politiknya dimulai pada tahun 2004 ketika menjadi anggota DPR dari PDIP, namun karena pencalonan dirinya pada Pilkada Banten 2006, Marissa Haque keluar dari DPR. 

Merasa tidak nyaman di PDIP, akhirnya Marissa Haque pindah ke PPP pada tahun 2007. Pada tahun 2012 Marissa kembali pindah partai, ke PAN. Marissa Haque juga pernah menjadi Duta Lingkungan Hidup Indonesia, Duta BMT Indonesia dan Duta KB Indonesia.

7. Pasha 'Ungu'

Sigit Purmono Syamsuddin Said alias Pasha 'Ungu' merupakan salah satu kader PAN. Saat ini, ia menjabat sebagai Wakil Wali Kota Palu, Sulawesi Tengah. Sebelum terjun ke dunia politik Pasha merupakan seorang vokalis grup band Ungu. 

Sosok Pasha sebagai seorang kepala daerah sempat mendapatkan sorotan masyarakat pada awal 2018 lalu. Saat itu, masyarakat menyoroti gaya rambut Pasha yang nyentrik. Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menilai gaya rambut Pasha yang dikenal dengan istilah man bun itu, memang tidak lazim. 

Namun, Kemendagri tidak bisa menegur atau mengambil langkah apapun terkait gaya rambut Pasha ini. Hal tersebut sudah menjadi konsekuensi warga Palu yang telah memilih Pasha sebagai kepala daerah yang berasal dari kalangan artis.

8. Ramzi

Ramzi merupakan kader baru dari kalangan artis yang turut bergabung menjadi kader PAN. Ia resmi menjadi kader PAN pada 30 Februari 2018 lalu. Ramzi selama ini terkenal sebagai seorang presenter dan pelawak.

9. Narji

Seperti Ramzi, Narji merupakan kader baru dari kalangan artis yang turut bergabung menjadi kader PAN. Ia resmi menjadi kader PAN pada 30 Februari 2018 lalu. 

Narji selama ini terkenal sebagai pelawak. Ia pernah tergabung dalam grup lawak 'Trio Cagur' bersama Denny, Bedu yang kemudian digantikan Wendhy.

10. Arumi Bachsin

Arumi Bachsin juga turut menjadi kader baru dari kalangan artis. Istri dari Bupati Trenggalek Emil Dardak tersebut mulai bergabung menjadi kader PAN pada 5 Februari 2018 lalu, setelah Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan mengumumkannya lewat Twitter. 

Tampaknya Arumi ingin mengikuti jejak sang suami terjun ke dunia politik. Sebelum terjun ke dunia politik, Arumi merupakan seorang pemain film dan FTV. Ia menikah dengan Emil pada 2013. Setelah berhenti dari dunia hiburan, Arumi bersama Emil tinggal di Trenggalek. 

Dalam berbagai kesempatan Arumi selalu mendampingi Emil sebagai Ibu Bupati Trenggalek. Saat ini, ia disibukkan mendampingi Emil berkampanye di Pilgub Jawa Timur 2018. (**H)


Sumber: kumparanNEWS





Berita Terkait

Tulis Komentar