Warga Keberatan Teroris Mako Brimob Dimakamkan di Kampung Halamannya

  • Kamis, 10 Mei 2018 - 23:43:46 WIB | Di Baca : 1642 Kali

SeRiau - Narapidana teroris Beni Syamsu Trisno tewas dalam kerusakan di Mako Brimob, Kelapa Dua Depok. Warga Nagari Malai V Suku, Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat yang merupakan tempat kelahiran Beni, keberatan pemakaman di daerah itu

"Warga bukannya menolak, tapi keberatan dengan berbagai pertimbangan, terkait pemakaman jenazah trisno ini," ujar Wali Nagari Malai V Suku, Kecamatan Batang Gasan, Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat Buyung Intan saat ditemui, Kamis 10 Mei 2018.

Buyung mengatakan, beberapa pertimbangan yang dilakukan perangkat Nagari Malai V Suku, tak terlepas dari persoalan domisili Beni. Pasalnya Beni hanya lahir di nagari tersebut dan besar di rantau.

"Dia lahir memang benar di nagari ini, namun sejak kecil sudah ikut bersama kedua orang tuanya merantau ke Kota Pekanbaru, Riau. Lalu menikah dengan orang Agam. Jadi sebaiknya jenazah dikebumikan sesuai dengan domisili di kartu tanda penduduk (KTP) atau Kartu Keluarga (KK)," ujarnya.

Pertimbangan lainnya, kata Buyung Intan, jika jenazah Beni Syamsu Trisno di kebumikan di nagari tersebut, warga takut nantinya makam almarhum sering diziarahi teman-temannya yang beraliran radikal, sehingga mempengaruhi warga di nagari tersebut.

"Itu semua sudah sesuai dengan hasil rapat dengan beberapa perangkat nagari dan ninik mamak," ujarnya.

Buyung mengatakan pihak keluarga almarhum Beni Syamsu mendatangi dirinya dan menyebut jika jenazah almarhum akan dibawa dan dimakamkan di kampung halamannya.

"Namun setelah diskusi antara pihak keluarga dan tokoh masyarakat, disepakati jika almarhum tidak akan dimakamkan di kampung tersebut, dan akan dicarikan tempat pemakaman lain," ujarnya. (**H)


Sumber: KumparanNEWS





Berita Terkait

Tulis Komentar