Kalah dari Oposisi, Najib Razak: Saya Terima Keputusan Rakyat

  • Kamis, 10 Mei 2018 - 13:17:18 WIB | Di Baca : 2543 Kali

 

SeRiau- Perdana Menteri Malaysia (PM) Najib Razak akhirnya muncul ke publik setelah koalisi Barisan Nasional (BN) yang dipimpinnya gagal meraih suara mayoritas dalam pemilu 9 Mei kemarin. Najib menyatakan dirinya menerima keputusan rakyat Malaysia dalam pemilu.

"Saya dan rekan-rekan saya menerima keputusan rakyat dan Barisan Nasional berkomitmen menghormati prinsip-prinsip demokrasi parlementer," ucap Najib dalam pidato pertamanya usai BN kalah dari koalisi oposisi Pakatan Harapan (PH), seperti dilansir Reuters, Kamis (10/5/2018).

Pidato ini disampaikan Najib di markas Partai United Malays National Organisation (UMNO) yang dipimpinnya, di Putra World Trade Centre, Kuala Lumpur. UMNO merupakan anggota koalisi BN yang berkuasa di Malaysia selama 60 tahun terakhir.

 

Namun dalam pernyataannya, Najib menyatakan tidak ada satupun partai yang meraih mayoritas sederhana (simple majority), sehingga PM Malaysia selanjutnya akan diputuskan oleh Yang di-Pertuan Agong. 

Simple majority atau sistem first-past-the-post (FPTP) yang dianut Malaysia dalam pemilu berarti, setiap partai atau koalisi partai yang meraup suara mayoritas dalam parlemen, meskipun jumlahnya di bawah 50 persen dari total suara, akan memenangkan pemilu. 

Hasil akhir resmi dari Komisi Pemilihan Umum Malaysia atau EC menunjukkan koalisi BN hanya meraih 79 kursi dari total 222 kursi Dewan Rakyat atau parlemen federal yang diperebutkan. Jumlah itu merosot tajam dari pemilu 2013, saat BN mampu meraup 132 kursi. 

 

Koalisi BN kalah dari koalisi oposisi Pakatan Harapan (PH) yang dinyatakan meraih 113 kursi Dewan Rakyat. Jumlah ini lebih dari cukup bagi oposisi untuk membentuk pemerintahan Malaysia yang baru. 

(Sumber : Detiknews.com)





Berita Terkait

Tulis Komentar