Puasa Bikin Awet Muda

  • Jumat, 04 Mei 2018 - 18:29:04 WIB | Di Baca : 1669 Kali

 


SeRiau- Berpuasa merupakan salah satu ibadah wajib yang dijalankan oleh umat Islam. Tapi, di samping sebagai ibadah, puasa juga memberikan manfaat kesehatan bagi tubuh.

Ahli gizi dan nutrisi, Desy Nur Arista mengatakan, saat puasa asupan makanan kita pun terbatasi sehingga membuat pola makan dan gaya hidup kita menjadi lebih sehat.


"Energi kita saat puasa dialihkan dari sistem pencernaan, yang paling sering digunakan, ke sistem imun dan proses metabolik," kata Desy saat ditemui VIVA.co.id, baru-baru ini.

Hal ini membuat sel-sel tubuh cepat pulih dan secara otomatis kembali sehat.


Selain itu, puasa juga membuat tubuh dapat mengubah sintesis protein menjadi sel-sel, jaringan, dan organ tubuh yang lebih sehat. Sistem pencernaan juga menjadi lebih efisien dalam mencerna, mengabsorpsi zat gizi dan mengekskresi zat-zat sisa.

Manfaat sehat lainnya adalah kadar insulin, gula darah, trigliserida, dan kolesterol menjadi menurun. Puasa juga bisa meningkatkan produksi hormon pertumbuhan, anti-penuaan dan menormalkan hormon lapar, ghrelin.

Dengan demikian, keakuratan dalam pemberian informasi apakah Anda dalam keadaan lapar atau tidak menjadi lebih meningkat.

Bagi penderita asam lambung atau maag, puasa, kata Desy, bisa membuat lebih sehat juga. Karena, puasa membuat sistem imunitas menjadi lebih baik. "Tapi, hindari makanan yang mengandung gas, asam, dan pedas," kata Desy mengingatkan.( Sumber : Viva.co.id)





Berita Terkait

Tulis Komentar