Kaukus Perempuan Politik Indonesia Seriau Akan Di Kukuhkan

  • Rabu, 02 Mei 2018 - 14:31:26 WIB | Di Baca : 649 Kali

 

SeRiau-  Guna memperjuangkan hak-hak politik perempuan. Terutama keterwakilan 30 persen perempuan dilegislatif, Pekanbaru nantinya akan memiliki Kaukus Perempuan Politik Indonesia (KPPI). KPPI sebenarnya telah berdiri dari tahun 2000, sementara di Provinsi Riau sendiri baru berdiri dua bulan yang lalu. Setelah KPPI Riau terbentuk, diperintahkan kepada 12 kabupaten kota untuk juga membentuk organisasi KPPI ini. Ketua KPPI kota Pekanbaru Ida Yulita susanti SH MH, nantinya KPPI ini akan dikukuhkan pada 11 Mei 2018 nanti.

"Hadirnya KPPI ini juga untuk mengusulkan terkait penomoran caleg, biasanya perempuan diberikan no urut bisa dikatakan sebagai pelengkap penderitaan partai saja. Dengan adanya organisasi ini kita dorong para perempuan politik, penggiat politik, baik yang ada dipartai maupun tidak ada dipartai, kita ingin mengambil bagian dari perjuangan legislatif dprd ini. Kalau bisa perempuan di DPRD tidak 30 persen tapi 40 persen, bukan hanya sebagai calegnya," harap Ida.

Loading...

Politisi wanita yang juga anggota DPRD kota Pekanbaru ini menambahkan bahwa provinsi Riau dari seluruh Indonesia, keterwakilan perempuan duduk di legislatif paling banyak. Tentunya ini cambuk untuk pihaknya kedepan, untuk meningkatkan kursi keterwakilan perempuan lebih tinggi lagi dari priode sebelumnya.

"Kita tidak minta muluk-muluk, karna organisasi ini baru terbentuk tentu kita masih dalam tahap bagaimana mengembangkan para perempuan agar bisa bersaing secara kualitas, secara kopetensi dengan para laki-laki. Kita tidak ada target target harus berapa yang penting naik dari tahun 2014," ujarnya.

Untuk kegiatan sendiri KPPI nantinya akan melakukan kegiatan-kegiatan yang menyentuh langsung ke masyarakat.

"Kita akan turun langsung ke masyarakat, memberikan informasi ke masyarakat, bahwa organisasi ini ada dan kita juga lakukan kegiatan sosial untuk masyarakat. Bisa seperti santunan untuk anak yatim atau memberikan bantuan untuk anak-anak yang berprestasi. Kita juga akan lakukan pendidikan politik bekerja sama dengan kesbangpol, bekerja sama dengan dinas pemberdayaan perempuan, bagaimana peran perempuan dipanggung politik bukan hanya sebagai pelengkap tapi memang diperhitungkan sebagai orang-orang yang memiliki kompetensi dan kualitas. Maka untuk memenuhi itu semua perlu ada bimbingan-bimbingan politik, perlunya sosialisasi politik ditengah masyarakat perempuan kita yang ada di kota pekanbaru," ujarnya.

Nantinya akan dilantik 46 anggota KPPI kota Pekanbaru oleh KPPI Provinsi Riau dengan ketua Ade Hartati. ( Rilis)




Loading...

Berita Terkait

Tulis Komentar