Bom Bunuh Diri di Dalam Masjid Nigeria Tewaskan 24 Orang

  • Rabu, 02 Mei 2018 - 10:32:46 WIB | Di Baca : 1209 Kali

 

SeRiau-  Setidaknya 24 orang dilaporkan terbunuh akibat bom bunuh diri di kawasan timur laut kotaMubi,Nigeria.
Ledakan itu terjadi di dalam dan sekitar masjid saat umat Islam setempat hendak menunaikan Salat Asar.

Sejauh ini belum ada pihak yang mengaku bertanggung jawab, tetapi kelompok militan Boko Haram telah beberapa kali melakukan serangan di Mubi.

Semenjak 2009, Boko Haram menggunakan jalan kekerasan untuk mencoba mendirikan negara Islam di wilayah Nigeria utara.


Boko Haram menggunakan jalan kekerasan untuk mencoba mendirikan negara Islam di wilayah Nigeria utara semenjak 2009. (AFP)

Kekerasan yang ditimbulkannya telah mengakibatkan sekitar 20.000 orang terbunuh dan lebih dari dua juta orang mengungsi.

Pimpinan kepolisian setempat, Abdullahi Yerima mengatakan, ledakan pertama terjadi di dalam masjid sekitar pukul 13.00 waktu setempat dan bom kedua diledakkan di dekat kerumunan orang-orang yang panik.

Seorang saksi mata Abdullahi Labaran mengatakan pelaku serangan meledakkan dirinya saat berada di antara jemaah masjid sebelum waktu Salat Asar tiba.

Saat itulah, menurut saksi mata itu, orang-orang di dalam masjid kemudian berusaha menyelamatkan diri menuju pasar di depannya, dan bom kedua kemudian meledak di lokasi tersebut.


Banyak orang terluka akibat ledakan dan menurut sumber di rumah sakit kemungkinan korban meninggal dunia akan terus bertambah.

Kota Mubi sering menjadi target serangan kelompok Boko Haram. Pada akhir November lalu, lebih dari 50 orang terbunuh ketika kelompok militan melakukan bom bunuh diri di dalam masjid di kota yang sama.

Kelompok Boko Haram diduga menjadikan sejumlah masjid sebagai sasaran serangan karena ajarannya dianggap menyalahi nilai-nilai yang dianutnya.

 


(Sumber : Detiknews.com)





Berita Terkait

Tulis Komentar