Megawati Dukung Pembentukan Organisasi Peraih Kalpataru

  • Sabtu, 28 April 2018 - 22:35:55 WIB | Di Baca : 1402 Kali

SeRiau - Para peraih Kalpataru meminta kepada Presiden ke-5 RI Megawati Soekarno Putri agar memfasilitasi pembentukan organisasi atau forum khusus untuk mereka. Tujuan pembentukan organisasi itu untuk dapat menguatkan komunikasi diantara para peraih kalpataru.

Kalpataru adalah penghargaan kepada individu atau kelompok atas jasanya melestarikan lingkungan hidup Indonesia. Sebanyak 84 peraih Kalpataru berkumpul dan menyampaikan usulan pembentukan organisasi itu kepada Megawati dalam acara Jaga Bhumi Festival di Surabaya, Sabtu (28/4).

Megawati  yang juga pendiri Yayasan Kebun Raya Indonesia (YKRI) mengaku sangat mendukung peraih Kalpataru membuat forum atau organisasi yang bisa menjalin komunikasi dan menjadi wadah pembelajaran kepada mereka. Namun, ia mengingatkan supaya organisasi itu tidak disalahgunakan untuk kepentingan lainnya. 

"Saya sangat senang dan mendukung kalau mau dibuat organisasi, tapi semangat untuk membangun lingkungan dan rohnya Kalpataru harus tetap dijunjung tinggi, tidak boleh sampai hilang," ujar Megawati.

Acara Jaga Bhumi Festival digelar di rumah dinas Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini. Selain mengundang 84 peraih Kalpataru, acara yang diinisiasi Megawati ini turut dihadiri Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti. 

Sementara itu, tuan rumah Tri Rismaharini mengapresiasi gagasan pembentukan organisasi bagi para peraih Kalpataru. 

Risma berharap dengan wadah organisasi para peraih Kalpataru bisa saling berbagi untuk mengembangkan lingkungan, serta menambah semangat para peraih kalpataru untuk mengembangkan lingkungannya. 

"Saya pikir ini bagus, karena kita bisa saling berbagi. Bekerja di lingkungan itu tidak ada yang mengapresiasi, padahal pekerjaanya itu sangat berat. Boleh dicek, kemarin kita kerja bakti cuma sedikit aja, capeknya minta ampun. Melalui cara ini, diharapkan mereka bisa lebih semangat lagi di lapangan," kata Wali Kota Risma.

Risma banyak menjelaskan perkembangan pembangunan lingkungan di Kota Surabaya. Mulai dari menanam padi dan sayur-sayuran di Balai Kota, pesatnya pertanian yang berimbas kesejahteraan para petani dan perkampungan yang warganya gemar menanam. 

Selain itu, Wali Kota Risma menjelaskan program Minggu Pertanianyang dilaksanakan setiap bulan di Balai Kota Surabaya. Program itu bertujuan untuk memasarkan hasil pertanian di Kota Surabya. 

"Boleh dicek di perkampungan kami, warga sudah semakin gemar menanam di lingkungannya masing-masing," tegasnya.

Wali Kota Risma pun memastikan akan terus membangun hutan-hutan kota di semua wilayah di Kota Surabaya baik di wilayah utara, barat dan selatan. (**H)


Sumber: CNN Indonesia





Berita Terkait

Tulis Komentar