Cak Imin: Masih Banyak yang Tak Paham Peran Ulama

  • Kamis, 26 April 2018 - 23:43:13 WIB | Di Baca : 392 Kali

SeRiau - Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar (Cak Imin) menilai, masih banyak masyarakat yang belum memahami kehadiran ulama di Indonesia. Akibatnya, muncul kesalahpahaman atau stigma buruk ulama Indonesia berujung masalah kriminalisasi.

“Di era reformasi ini juga sebenarnya banyak yang belum memahami peran kiyai-ulama itu. Ini muncul karena kesalahpahaman dalam memandang peran ulama itu,” jelas Cak Imin saat acara diskusi ‘Sejarah Pergerakkan Islam dan Masa Depan Bangsa’ di Hotel Bidakara, Jakarta, Kamis (26/4).

Menurut Cak Imin, kesalahpahaman tersebut harus diatasi oleh dua pihak yang kerap dibenturkan, yakni pemerintah dan ulama. Dia bahkan menganalogikan peran pemerintah dan ulama seperti sopir bus dan penumpangnya.

Loading...

“Mestinya penumpang jangan hanya berdoa dan ambil alih sopirnya, bisikin sopirnya, kasih masukan. Kalau hanya berdoa, teriak-teriak enggak akan bisa ganti sopir,” terangnya.

Cak Imin menganggap, masalah kriminilasasi ulama seperti kisah Tom and Jerry. Dalam kisah tersebut, kata Cak Imin, kebersamaan tak akan pernah muncul.

“Maka kesalahpahaman ini, tidak ada titik temu antara dogma dan nilai. Ini seperti Tom and Jerry yang tidak pernah ketemu,” kelakarnya. (**H)


Sumber: kumparanNEWS




Loading...

Berita Terkait

Tulis Komentar