Komisi III Nilai Anggaran 20 Persen Pendidikan di APBD tak Cukup Untuk Rehap Sekolah

  • Kamis, 26 April 2018 - 13:24:51 WIB | Di Baca : 1644 Kali
Zulfan Hafis ST Ketua Komisi III DPRD Kota Pekanbaru

 


SeRiau-  ketua Komisi III DPRD Kota Pekanbaru, Zulfan Hafis menilai banyak faktor yang menjadi penyebab kenapa anggaran 20 persen yang diambil dari APBD untuk alokasi pendidikan selalu minim, terutama untuk membangun atau merehab infrastruktur dan sarana prasarana sekolah yang ada di Kota Pekanbaru. 

Padahal, setiap tahun ajuan untuk rehab sekolah selalu meningkat karena sudah banyak yang termakan usia sehingga tidak layak lagi digunakan. Untuk melakukan renovasi dan rehabilitasi, pastinya  membutuhkan biaya yang tidak sedikit,untuk itu menurut Zulfan perlu dicarikan solusi. 

"Berbagai macam faktor salah satunya akibat PAD yang tidak capai target. Itu menjadi tugas bersama, terutama bagi Bappeda dan OPD terkait seperti  DPM-PTSP dan Bapenda Pekanbaru. Mudah-mudahan, anggarannya dinaikkan karena Disdik Pekanbaru sudah 3 kali mengajukan perubahan anggaran untuk pembangunan infrastruktur pendidikan," Ungkap Zulfan,  Kamis (26/4/2018)

Lanjut Politisi Nasdem ini lagi, awalnya dulu anggaran Rp 100 miliar, kemudian turun jadi Rp 90 miliar dan terakhir yang dikabulkan cuma Rp 82 miliar untuk tahun 2018 ini. Ada ratusan sekolah yang mengajukan untuk perbaikan atau merehab sekolah, sedangkan jumlah uang yang dimiliki hanya sedikit. 
 
Untuk itu, Pihaknya di DPRD berharap sekolah yang sudah mengajukan rehab diminta untuk bersabar, karena anggaran Disdik Pekanbaru akan kembali direvisi dalam APBD perubahan nanti. Pada tahun ini, Disdik Pekanbaru juga tidak mengadakan pembangunan sekolah baru akibat terbatasnya jumlah APBD Pekanbaru.(***)





Berita Terkait

Tulis Komentar