Ini Alasan Kenapa 'Levels' Avicii Adalah Salah Satu Lagu Terbaik Sepanjang Masa

  • Sabtu, 21 April 2018 - 19:29:08 WIB | Di Baca : 1281 Kali

SeRiau - Avicii adalah seorang inovator pop yang membawa Dance Music menjadi mainstream, rasanya para penikmat musik elektronik bisa sepakat dengan hal tersebut. Lewat sound khas miliknya yang inovatif, Avicii seolah membuka pintu bagi para artis Dance Music lain untuk mengejar dan mewujudkan mimpi kreatif mereka.

Tidak bisa dipungkiri pula jika Avicii di masa jayanya berhasil merilis sederet lagu hits dan massive di seluruh dunia. Dalam waktu singkat, musiknya pun segera menjadi inspirasi dan memberi pengaruh terhadap perkembangan Dance Music. Tapi seperti dilansir dari Billboard, Avicii memiliki satu track yang mampu menjadi anthem bagi para penikmat musik elektronik, Levels.

Mengingat pengaruh besar dan inspirasi yang ia berikan sebelum meninggal dunia, kali ini ada beberapa alasan kenapa Levels layak disebut sebagai salah satu lagu terbaik sepanjang masa. Mari kita simak sama-sama di bawah ini.

1. Versi Penuh Levels

Ketika pertama kali dirilis, nama Avicii segera mencuri perhatian dengan durasi waktu 3:20. Yap, itulah durasi lagu Levels yang diputarkan oleh radio dan membuatnya berhasil meraih posisi 40 di Billboard Hot 100 pada Februari 2012 silam. Nyatanya, versi asli dari Levels memiliki durasi mencapai 5:39. Apakah enak? Well, jauh lebih baik dari versi rilisnya.

2. Tak Terduga

Ketika mendengarkan Levels, coba perhatikan momen di mana melodi synth dan beat yang awalnya terasa kencang yang mulai menurun. Momen hook langsung terasa ketika echo dimainkan berulang-ulang dan drum benar-benar hilang. Setelah itu vokal yang muncul secara tiba-tiba ketika sound dari nada tinggi yang menghilang pun memberikan sensasi tersendiri.

3. Vocal Sample

Avicii bukan satu-satunya DJ yang memakai sample vokal dari lagu klasik Etta James di tahun 1962, Something's Got A Hold On Me. Namun kuatnya sound yang ditawarkan serta warna dari synth sukses membuat vokal yang ditawarkan terasa sangat maksimal meski hanya muncul dalam waktu singkat.

4. Judul

Benar, kata Levels yang menjadi judul tidak akan kamu temukan dalam lirik lagunya. Namun jika mengingat komposisi musik khas Avicii, rasanya jelas jika lagu ini memang bercerita tentang musik dengan tahap nada yang terus berjalan menuju tingkat yang lebih tinggi hingga kembali ke nada yang rendah dan benar-benar hilang. Cerdas? Tidak, Avicii layak disebut jenius.

5. Cocok Digabungkan Dengan Musik Lain

Tidak lama sejak dirilis, Levels segera menjadi hype baru dan mencuri perhatian dunia. Menariknya, track Avicii yang satu ini juga terasa nikmat ketika digabungkan dengan musik lain. Hasilnya seperti salah satu video yang diunggah di YouTube, di mana Levels digabungkan dengan Somebody I Used To Know dari Gotye feat. Kimbra.

6. Festival

Jika kamu mengira Levels hanya terasa nikmat ketika didengarkan dalam ruangan berskala kecil seperti club atau bahkan kamar, salah besar. Ya, Levels sendiri terasa lebih mengagumkan ketika dimainkan dengan dukungan sound yang lebih besar pada level festival. Bukan cuma itu saja, Levels juga bisa menjadi track pembuka untuk mengajak para partygoers untuk merapatkan barisan dan mulai mengikuti alunan musik yang ada.

7. Begitu Juga Pernikahan

Dalam acara resepsi pernikahan, tentu ada saat di mana orang-orang saling berkumpul dan mengobrol. Nyatanya Levels pun masih terdengar seru untuk mengiringi momen-momen seperti itu dengan volume yang tidak terlalu kencang tentunya.

Levels adalah salah satu lagu terbaik Avicii yang mampu menjadi anthem untuk setiap situasi dan generasi. Tentu saja jika melihat pengaruh besar yang muncul dari single ini, rasanya Levels layak untuk masuk dalam jajaran lagu terbaik sepanjang masa.


sumber KapanLagi.com





Berita Terkait

Tulis Komentar