3.482 Siswa se Tampan Siap Jalani US. Ini Harapan Ketua K3S SD

  • Jumat, 20 April 2018 - 21:52:45 WIB | Di Baca : 1888 Kali

SeRiau - Pelaksanaan Ujian Sekolah (US) Sekolah Dasar (SD) akan dimulai Senin, (23/4) hingga, Rabu (25/4). Ujian sekolah ini wajib diikuti oleh siswa sebelum menamatkan pendidikan di sekolah dasar

Ketua K3S SD Kecamatan Tampan Gimin.SPd mengatakan jumlah siswa SD yang mengikuti Ujian Sekolah di Kecamatan Tampan sebanyak 3.482 orang. Sedangkan jumlah sekolah penyelenggara ujian SD/MI sebanyak 42 sekolah negeri/swasta. Mata pelajaran yang diujiankan yakni Pendidikan Agama Islam, PPKn, Ilmu Pengetahuan Sosial, Budaya Melayu Riau dan Bahasa Inggris. 

Bagi sekolah penyelenggara diharapkan bisa melaksanakan ujian sekolah sesuai dengan juknis yang telah dtentukan mulai dari pengawasan ujian, distribusi soal hingga pemeriksaan ujian. Bagi siswa yang mengikuti ujian sekolah siapkan diri secara maksimal, belajar giat lagi dirumah dan jangan terbebani dengan ujian sekolah dan ujian nasional.

" Jangan takut hadapi ujian sebab kalau ujian ada rasa cemas dan tidak nyaman ya kita tidak konsentrasi dalam menjawab soal ujian. Oleh karena itu, saya harap peserta ujian hadapi ujian dengan santai, jangan cemas dan grogi," kata Gimin

Pada ujian sekolah tahun ini, kata Gimin, hanya lima mata pelajaran yang diujian. Jika tahun lalu, matematika, bahasa Indonesia dan IPA masuk pada mata pelajaaran yang diujiankan, namun tahun ini, tiga mata pelajaran tersebut hanya diujian pada Ujian Nasional Bertaraf Nasional (USBN) yang dilaksanakan tanggal 3 hingga 5 mei.

" Jadi ada perbedaan dimana sebelum matematika, ipa dan bahasa Indoensia di US tapi tahun ini, tiga mata pelajaran ini masuk USBN," kata Gimin.

Ditambakan Gimin, selama ujian sekolah, kata Gimin, siswa kelas 1 sampai kelas 5 diliburkan dikarena ruangan digunakan untuk ujian. Masing ruangan diisi 20 orang dengan dua orang pengawas dari sekolah bersangkutan.

" Untuk siswa kelas 5 tetap belajar dirumah, guru akan memberikan tugas supaya siswa belajar dirumah," kata Gimin yang juga kepala SDN 37 Pekanbaru. (zal)





Berita Terkait

Tulis Komentar