Menang Lawan Burnley 2-1, Chelsea Perpanjang Asa Lolos ke Liga Champions

  • Jumat, 20 April 2018 - 05:47:09 WIB | Di Baca : 1101 Kali

SeRiau - Asa Chelsea untuk tampil di Liga Champions tetap terjaga usai mereka menyudahi perlawanan Burnley dengan skor tipis 2-1, pada pentas Premier League, Jumat (20/4/2018) dini hari WIB. Gol Victor Moses dan aksi bunuh diri Kevin Long menggenapkan torehan gol Chelsea pada pertandingan yang dihelat di Turf Moor tersebut, sedangkan Burnley hanya mampu membalas lewat gol semata wayang Ashley Barnes.

Kemenangan tersebut memang belum membuat Chelsea beranjak dari peringkat kelima, karena baru mengumpulkan 63 angka. Akan tetapi, setidaknya mereka masih memiliki harapan untuk mengejar Tottenham di posisi keempat yang sudah mengoleksi poin sebanyak 68. 

Sementara bagi Burnley, hasil negatif kali ini membuat mereka masih tertahan di posisi tujuh dengan 52 poin. Kekalahan yang sekaligus menghilangkan kesempatan untuk menyalip Arsenal yang berada satu strip di atas mereka. 

Antonio Conte melakukan perombakan dalam skuatnya pada laga kali ini. Ya, Eden Hazard tak ada dalam daftar starter Chelsea, pun demikian dengan Willian dan Marcos Alonso. Conte memilih Pedro Rodriguez, Alvaro Morata, dan Olivier Giroud sebagai penghuni garda terdepan. 

Khusus Giroud, ia berhasil mendapatkan kepercayaan Conte usai sukses mencetak sepasang gol saat The Blues unggul tipis atas Southampton 3-2 akhir pekan lalu. Sementara untuk pos wing-back kiri diserahkan oleh Emerson Palmieri. 

Sedangkan Sean Dyche yang sukses mengantarkan Burnley mengukir lima kemenangan kemenangan beruntun, kali ini menerapkan pakem 4-4-2, menduetkan Ashley Barnes dengan Chris Wood yang tengah on-fire. Keduanya sudah mengahasilkan 8 gol dalam lima laga terakhir jika dikalkulasi. Keduanya disokong Aaron Lennon dan Johann Gudmundsson di sisi tepi. 

Chelsea yang pada praktiknya memfungsikan dua penyerang --Morata dan Giroud-- nyatanya masih kesulitan dalam membongkar pertahanan Burnley. Absennya, gelandang kreatif macam Hazard dan Willian terbukti memengaruhi agresivitas mereka. 

Apalagi, Dyche menjejalkan para pemain di areanya, tak terkecuali Wood dan Barnes yang bergerak vertikal untuk membantu meredam serangan sayap Chelsea. Itulah mengapa juara Premier League musim lalu itu hanya mampu mencatatkan dua tembakan tepat sasaran sepanjang babak pertama, yakni melalui aksi Morata di menit 10 dan 31. 

Namun, kokohnya pertahanan Burnley jebol di menit 20. Berniat menghalau umpan silang Victor Moses, Long justru membuat bola masuk ke gawangnya sendiri. Padahal bek berusia 27 tahun itu baru saja mencetak gol kemenangan bagi timnya atas Leicester akhir pekan lalu. 

Chelsea kembali mendulang peluang pada menit 39, tetapi kembali kandas karena sepakan N'Golo Kate masih melambung di atas gawang Nick Pope. Skor 1-0 untuk Chelsea bertahan hingga turun minum. 

Jalannya pertandingan babak kedua tak jauh berbeda dengan paruh pertama. Chelsea masih kesulitan menembus pertahanan tuan rumah, sementara The Clarets yang mengandalkan long-ball juga tak kunjung efektif. Usaha Burnley baru berbuah hasil di menit 64. Adalah Barnes yang sukses menyamakan kedudukan setelah meneruskan sepakan Gudmundsson. 

Namun, euforia keberhasilan mereka tak bertahan lama setelah Moses membawa Chelsea kembali unggul lima menit berselang. Gol tersebut merupakan yang ketiga di musim ini. Demi mendongkrak kreativitas lini depan, Conte kemudian memasukkan Hazard dan menarik Morata. Kombinasi mantan pemain Juventus itu dengan Giroud tak maksimal karena beberapa kali pergerakan keduanya justru berbentrokan. 

Akan tetapi rencana Conte untuk menambah pundi-pundi gol berakhir sia-sia. Chelsea tak mampu mencetak gol tambahan, begitu pula dengan Burnley. Skor berakhir 2-1 untuk kemenangan Chelsea. (**H)


Sumber: kumparan





Berita Terkait

Tulis Komentar