5 Tanda Ini Bisa Ingatkan Waktu Ganti Oli

  • Rabu, 18 April 2018 - 05:44:44 WIB | Di Baca : 6804 Kali

SeRiau - Ibarat manusia, oli merupakan jantung dari mesin mobil. Oli merupakan komponen yang sangat penting untuk mobil.

Jika oli sudah lama tidak diganti, maka akan mempengaruhi performa mobil. Bahkan jika sampai habis, bisa berakibat fatal, sekher bisa terbakar dan mobil anda bisa turun mesin.

Rata-rata produsen mobil menyarankan penggantian oli berdasarkan seberapa jauh jarak tempuh yang sudah dilalui mobil. Biasanya, untuk mobil keluaran terbaru disarankan setelah mencapai 10.000 km, sementara untuk mobil lama di kisaran 5.000 km.

Tapi hal tersebut tak bisa jadi patokan, apalagi jika mobil jarang dipakai. Jadi, untuk mengetahui kapan oli harus diganti, bisa melihat lima tanda ini.

1. Cek warna oli

Warna oli menentukan kapan harus atau tidaknya oli diganti. Dengan demikian, tidak ada salahnya jika sering mengontrol warna pada oli mobil. Jika warnanya sudah hitam dan encer, maka itu tandanya oli mobil sudah hitam dan encer. Itu tandanya oli mobil harus cepat diganti.

2. Mesin mobil terasa kasar

Jika merasa cara jalan mesin lebih kasar dari biasanya, atau dengan kata lain sudah tidak semulus semula, maka itu pertanda bahwa oli mobil perlu segera diganti secepatnya.

3. Cek kartu pengingat ganti oli

Biasanya bengkel akan memasang atau memberikan kartu jadwal pengingat setelah ganti oli, hal itu bisa dijadikan patokan kapan waktunya ganti oli. Mereka akan merekomendasikan oli mesin perlu diganti setiap 5.000 km, walaupun memang ada beberapa mobil baru saat ini yang merekomendasikan jarak 10.000 km untuk interval penggantian oli mesin.

4. Peringkatan mobil untuk ganti oli

Mobil keluaran terbaru biasanya dilengkapidengan tanda peringatan mobil untuk ganti oli yang berada di dekat setir. Tanda ini akan menyala bila dirasakan tekanan oli dalam mesin mobil terlalu rendah. Tanda ini sangat serius dan perlu diperhartikan, apabila diabaikan maka mesin mobil akan mati.

5. Cek tongkat pengukur oli mesin

Pastikan mesin mobil dalam keadaan dingin. Selanjutnya, buka kap mobil, ada bagian tongkat celup yang terhubung dengan tangki oli. Alat ini digunakan untuk menentukan berapa banyak oli yang masih tersedia di dalam tangki. Bila tidak sesuai standar lebih baik segera mengisi oli tersebut.
 

sumber Otosia.com





Berita Terkait

Tulis Komentar