DPRD Depok Belajar ke Siak Bagaimana Sistem Pengelolaan Labkesda

  • Jumat, 13 April 2018 - 08:05:51 WIB | Di Baca : 93 Kali

SeRiau - Kunjungan kerja DPRD Kota Depok yang dikenal dengan julukan Kota Belimbing ke Kabupaten Siak guna belajar bagaimana sistem pengelolaan laboratorium kesehatan daerah (labkesda) di Kabupaten Siak.

Kedatangan mereka disambut oleh Asisten III Administrasi umum Setda Kabupaten Siak Drs H. Jamaluddin MSi di ruang rapat Sri Indrapura Kamis (12/4/2018), kantor Bupati Siak.

"Labkesda ini sudah berjalan sejak tahun 2015, melayani pemeriksaan labor secara gratis karena belum memiliki dasar hukum yang kuat. Menunggu evaluasi Perda tentang pola tarif yang akan dilakukan kedepannya," ujar Jamaludin.

Loading...

Lebih lanjut Jamaluddin mengatakan, Pemkab Siak berkomitmen dalam memajukan pelayanan laboraturium karena hal ini berkaitan dengan program Wisata Halal yang sedang digalakan pemda Siak untuk memberikan kepastian rasa aman kepada wisatawan yang berkunjung ke Siak.

"Kami sedang mengembangkan wisata halal halal, tentu yang paling utama ialah kepastian makanan dan minuman yang halal, yang telah melalui uji tes labor dengan merujuk pada ketentuan majelis ulama Indonesia (MUI)," sebut Jamal.

Sementara ketua rombongan Wakil Ketua DPRD Kota Depok H M Sapariyono menjelaskan tujuan kunjungan kerja ini berkaitan dengan penyerapan data dan informasi tentang retribusi pelayanan UPTD Laboraturium Kesehatan Daerah (LABKESDA) yang ada di Kabupaten Siak.

"Kemudian nantinya pelaksanaanya akan diadopsi kedaerah asal kami. Siak bisa bagus sistemnya, makanya kami datang ke Siak untuk belajar dengan Siak," kata Sapariyono.

Dalam pertemuan ini juga dibuka sesi diskusi dan tanya jawab seputar pengelolaan labkesda Siak, dan pertanyaan dari Anggota Pansus 4 DPRD Kota Depok ini dijawab langsung oleh Kepala UPTD labkesda Siak.

"Saat ini Labkesda Siak melayani pemeriksaan labor meliputi Laboraturium klinis pemeriksaan kesehatan calon jemaah haji, serta pemeriksaan depot air, makanan dan minuman dari zat berbahaya dan untuk mendukung wisata halal," kata Kepala UPTD labkesda Siak Irmayuni Nasution. (**H)


Sumber: goriau.com




Loading...

Berita Terkait

Tulis Komentar