Asapi Dua Pebalap Mercedes, Sebastian Vettel Juara GP Bahrain

  • Senin, 09 April 2018 - 00:09:36 WIB | Di Baca : 147 Kali

SeRiau - Sebastian Vettel meneruskan laju kencangnya seusai menjuarai Grand Prix (GP) Bahrain di Sirkuit Internasional Bahrain, Minggu (8/4/2018) malam WIB.

Vettel berhak atas podium pertama sesuai mengasapi duo pebalap Mercedes, Valtteri Bottas yang finis di posisi dua dan Lewis Hamilton yang menyelesaikan balapan di tempat ketiga.

Di bawah sorotan lampu Sirkuit Internasional Bahrain, jalannya balapan langsung tersaji sengit sejak putaran pertama. Vettel yang start paling depan memacu mobilnya secepat mungkin memimpin balapan, Bottas yang start di posisi tiga bisa menyalip Raikkonen untuk berada di posisi dua.

Loading...

Namun, baru dua putaran berlangsung, protokol Virtual Safety Car (VSC) sudah diberlakukan lantaran insiden yang melibatkan Lewis Hamilton dan Max Verstappen. Selain itu, keluarnya rekan satu tim Verstappen di Red Bull Racing, Daniel Ricciardo, karena masalah pada mobilnya membuat VSC diberlakukan selama satu lap sebelum akhirnya para pebalap bisa memacu mobilnya lagi di putaran lima.

Hamilton yang menggunakan ban soft langsung memacu mobilnya usai protokol VSC selesai dan berhasil menempati posisi empat ketika balapan memasuki putaran delapan. Sementara, duel di barisan paling depan masih jadi milik Vettel dan Bottas. Vettel di posisi pertama berjarak dua detik dari Bottas di lap 18.

Memasuki lap 18 ini, Vettel, Bottas, dan Raikkonen sama-sama masuk pit untuk mengganti ban mereka ke jenis soft. Akan tetapi, Bottas kembali mengganti bannya menjadi jenis medium di lap 21. Selain itu, karena Vettel masuk ke pit, tampuk pimpinan balapan menjadi milik Hamilton.

Tetapi, Vettel tak tinggal diam. Dengan ban yang lebih segar pebalap asal Jerman itu terus menempel Hamilton dengan selisih hanya 2,5 detik. Upaya Vettel akhirnya berbuah manis karena di lap 26 ia berhasil menyalip Hamilton ketika kedua pebalap berada di trek lurus jelang tikungan pertama. Di lap 27 Hamilton masuk ke pit dan mengganti bannya menjadi medium, posisinya turun ke tempat keempat di belakang Bottas dan Raikkonen.

Persaingan seru juga terjadi di jajaran tengah. Bahkan, pebalap Hass, Kevin Magnussen, yang berada di posisi 11 sampai mencak-mencak kepada timnya karena Roman Grosjean yang merupakan rekan satu timnya terus-terusan menghalanginya untuk menyalip. "Apa yang ia lakukan? Ayolah, katakan padanya untuk menyingkir," kata Magnussen lewat saluran radio.

Mencak-mencaknya Magnussen berbuah manis lantaran ia bisa merangsek ke posisi delapan di lap 34. Di lain sisi, Vettel melebarkan jaraknya dari Bottas di posisi dua hingga mencapai 4,5 detik.

Pada lap 37 nasib sial menimpa Raikkonen yang sedang nyaman menempati posisi empat. Di lap ini pebalap asal Finlandia itu memasukki pit lane untuk mengganti ban supersoft, tetapi Raikkonen menabrak salah satu mekanik yang membuat ban belakang kirinya tidak jadi diganti. Kondisi ini membuat mobilnya bermasah saat berjalan beberapa meter dari pit, dan Raikkonen kudu mengakhiri balapan lebih awal.

Keluarnya Raikkonen dari balapan membuat Vettel mengubah starteginya dengan berusaha menahan bannya hingga akhir balapan untuk menjaga posisi terdepan. Usahanya mendapat tekanan dari Bottas yang berhasil menipiskan jarak menjadi 2,9 detik, sementara Hamilton yang ada di posisi tiga kian tertinggal hingga 11 detik dari Vettel.

Pertarungan di posisi empat dan lima juga kian sengit. Pebalap Toro Rosso, Pierre Gasly, terus meaju di posisi empat. Sementara itu, Magnussen yang sempat terlempar ke luar 10 besar akhirnya bisa menembus posisi lima usai menyalip Fernando Alonso dan Nico Hulkenberg.

Pada dua putaran terakhir, persaingan jadi yang tercepat kian seru. Vettel dengan sisa-saia ketahanan bannya terus ditempel ketat oleh Bottas. Kedua pebalap hanya berjarak kurang dari satu detik. Akan tetapi, pada akhirnya Vettel yang bisa merengkuh trofi juara usai finis di posisi pertama. Bottas mengikuti di posisi dua dengan selisih 0,6 detik.



 

Sumber kumparanSPORT




Loading...

Berita Terkait

Tulis Komentar