Terkatung 20 Hari, 5 Orang Rohingnya Tewas dan Dibuang ke Laut

  • Jumat, 06 April 2018 - 14:40:13 WIB | Di Baca : 1353 Kali

 

SeRiau- Lima orang Rohingya diselamatkan nelayan Aceh Timur setelah terombang-ambing di tengah laut. Sebelum dievakuasi, manusia perahu ini sudah 20 hari terkatung-katung di laut lepas. Lima orang di antaranya meninggal dunia dalam perjalanan. 

Informasi yang dihimpun detikcom, Jumat (6/4/2018), kelima imigran yang diselamatkan ini yaitu Mursyidik (28), M. Ilyas (33), Kamal Husen (8), Syamimah (15), dan Mominah (20). Berdasarkan pengakuan sementara ke petugas, mereka sebelumnya bergerak dari Myamnar berjumlah 10 orang dengan menumpangi sampan tanpa mesin. 

Namun dalam perjalanan, lima orang meninggal dunia karena kehabisan makanan. Jenazah kelimanya selanjutnya dibuang ke laut. 

"Pengakuan mereka sudah 20 hari di laut. Kita belum tahu mereka mau ke mana. Kita belum tanya ke mereka lebih detail karena terkendala bahasa," kata Ketua Satgas SAR Aceh Timur Abdul Musafir, saat dihubungi detikcom, Jumat (6/4/2018). 

Kelima nelayan ini ditemukan nelayan KM Karunia King pada posisi sekitar 176 mil dari TPI Idi Rayeuk, Aceh Timur. Saat ditemukan, kelima imigran ini dalam kondisi lemah. Nelayan yang menolong mereka selanjutnya memberi makan. 

Para manusia perahu ini ditemukan nelayan pada Senin 2 April lalu. Namun baru sampai ke Aceh Timur dinihari tadi sekitar pukul 02.00 WIB. Begitu tiba, mereka langsung diboyong ke rumah sakit umum Aceh Timur. Mereka mendapat perawatan di sana. 

"Tadi malam tinggal perempuan dan anak kecil yang lemah. Rencananya mereka hari ini dijemput oleh imigrasi," jelas Abdul. (Sumber : Detiknews.com)





Berita Terkait

Tulis Komentar