PKS Minta Jokowi Tak Pakai Pesawat Presiden saat Kampanye

  • Jumat, 06 April 2018 - 13:57:07 WIB | Di Baca : 1226 Kali

 


SeRiau- Penggunaan fasilitas pesawat kepresidenan Joko Widodo saat kampanye Pemilihan Presiden 2019 masih menuai pro dan kontra. Anggota Komisi II DPR dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera Mardani Ali Sera menilai bagian pengamanan bukan termasuk pesawat kepresidenan.

"Masih debatable. Kami berpendapat pesawat kepresidenan bukan bagian dari pengamanan," kata Mardani lewat pesan tertulisnya, Jumat 6 April 2018.


Ketua DPP PKS ini mencontohkan Jokowi pernah menggunakan pesawat yang bukan pesawat kepresidenan. "Pak Jokowi pernah ke Singapura naik pesawat komersial, dan itu tidak masalah," ujarnya.

Mardani menyarankan agar Jokowi tegas tidak memakai pesawat kepresidenan saat kampanye jika dia resmi sudah mencalonkan sebagai calon presiden nanti. Dia mengingatkan hal ini bisa menjadi perdebatan dan kritikan ke Jokowi nanti.

"Hemat kami, Presiden perlu bijak menimbang karena bisa jadi publik akan tidak simpati," kata Mardani.

Sebelumnya, Komisioner KPU Wahyu Setiawan memastikan calon presiden petahana wajib cuti saat berkampanye. Namun KPU belum memastikan sejumlah aturan, termasuk bagaimana mengatur fasilitas pesawat kepresidenan.

Ada pandangan bahwa presiden dan wakil presiden petahana masih bisa memakai fasilitas negara seperti pengamanan dan mobil dinas saat kampanye. Namun, hal ini tidak termasuk dengan pesawat kepresidenan.

"Tergantung pada sisi keamanan pesawat itu bagian dari keamanan presiden atau bukan? Kalau pesawat itu bagian dari keamanan itu pasti saja dia melekat termasuk misalnya kendaraan dinas anti peluru, terus pengamanan-pengamanan lain baik mobil maupun pesawat," kata Wahyu. ( Sumber : Viva.co.id)





Berita Terkait

Tulis Komentar