Pemerintah Diminta Cekatan Bereskan Gangguan Listrik dan Internet selama UNBK

  • Rabu, 04 April 2018 - 23:12:43 WIB | Di Baca : 1548 Kali

SeRiau - Ketua DPR Bambang Soesatyo mendesak pemerintah segera membereskan persoalan kekurangan daya listrik dan terganggunya jaringan internet selama pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) yang dimulai sejak 2 April 2018. Gangguan itu terjadi di sejumlah wilayah antara lain Papua, serta beberapa daerah di Nusa Tenggara Barat (NTB) yakni Bima, Dompu dan Lombok Utara.

Bambang menyatakan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) harus segera turun tangan mengatasi persoalan itu. “Tangani permasalahan itu secara menyeluruh dengan mendistribusikan sarana dan prasarana yang dapat menunjang pelaksanaan UNBK,” ujar dia, Jakarta, Rabu (4/4/2018).

Legislator Golkar yang akrab disapa dengan panggilan Bamsoet itu menambahkan, guna mengatasi persoalan energi listrik, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) dan PT PLN hendaknya memastikan ketersediaan pasokan setrum di sekolah-sekolah selama pelaksanaan UNBK. “Terutama di daerah 3T atau tertinggal, terdepan dan terluar,” sebutnya.

Bamsoet juga meminta Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) segera bertindak mengatasi gangguan internet dalam pelaksanaan UNBK. Dia berharap Kemenkominfo dapat mendorong operator seluler membangun dan menyediakan base transceiver station (BTS) di daerah tertinggal, terdepan, dan terluar (3T).

Lebih lanjut dia mengatakan, Kemendikbud perlu segera menjalin koordinasi dengan kementerian lain agar persoalan serupa tak berulang. Antara lain dengan menggandeng Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Kementerian Keuangan, Kemen ESDM, serta Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

“Ini demi mempercepat penguatan pendidikan di daerah 3T terutama dalam hal ketersediaan guru, infrastruktur, serta dan sarana dan prasarana pendidikan lainnya,” cetus Bamsoet. (*JJ)

 

Sumber: liputan6.com





Berita Terkait

Tulis Komentar