Resmi cerai dengan Veronica, hak asuh anak diberikan pada Ahok

  • Rabu, 04 April 2018 - 12:28:57 WIB | Di Baca : 1289 Kali

SeRiau - Mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok resmi bercerai dengan istrinya, Veronica Tan, dan ia mendapat hak pengasuhan anak mereka.

Hal itu itu ditetapkan melalui putusan Pengadilan Negeri Jakarta Utara, Rabu (4/4).

Dalam sidang yang dipenuhi oleh wartawan berbagai media itu, Ketua Majelis Hakim Sutaji menyatakan majelis hakim mengabulkan gugatan penggugat secara keseluruhan.

"Menyatakan perkawinan penggugat dan tergugat putus karena perceraian dengan segala akibat hukumnya," kata Sutaji sebagaimana dilaporkan wartawan BBC Indonesia, Ayomi Amindoni.

Fakta hukum persidangan membuktikan bahwa telah terjadi perselingkuhan antara Veronica dengan seorang pria yang disebutnya sebagai 'good friend '.

"Majelis hakim berkesimpulan pernikahan mereka yang sudah dilakukan secara Katolik pada 20 September 1997 dinyatakan putus," cetus hakim.

Hakim pula menuturkan bahwa proses mediasi tidak berjalan lantaran Veronica tidak pernah hadir dalam persidangan dan tidak menunjuk wakil dalam sidang cerai ini.

"Tergugat dalam hal ini telah melepaskan haknya dalam persidangan."

Selain vonis cerai, sidang itu memutuskan kedua anak Ahok dan Veronica akan akan dititipkan kepada Veronica sampai hukuman Ahok berakhir. Selepas Ahok dari penjara, maka pengasuhan wajib diserahkan kepada Ahok.

"Akan lebih baik hak asuk anak ini diserahkan dan diberikan kepada penggugat sebagai ayah kandungnya dengan memberikan kewajiban tergugat untuk memberikan kasih sayangnya," jelas hakim.

Seperti diketahui Ahok sekarang masih ditahan di Mako Brimob, Depok, Jawa Barat, atas kasus penistaan agama.

Meski kabar perceraian Ahok sempat menjadi tajuk utama sejumlah media nasional dan nama Veronica Tan menjadi tren di media sosial, sidang vonis perceraian Ahok dan Veronica hanya dihadiri segelintir orang.

Sidang yang dimulai pukul 10:00 WIB ini justru kebanyakan dihadiri oleh wartawan yang meliput. Persidangan ini memang menarik wartawan dari berbagai bidang, dari politik hingga infotainment. (*JJ)


Sumber: BBC Indonesia





Berita Terkait

Tulis Komentar