Pesohor yang Pernah Jalani Cuci Otak dengan Dokter Terawan

  • Selasa, 03 April 2018 - 20:42:33 WIB | Di Baca : 1877 Kali

SeRiau - Majelis Kehormatan Etik Kedokteran (MKEK) memberi sanksi kepada dokter Terawan Agus Putranto SpRad (dr TAP).

"Menetapkan bobot pelanggaran etik kedokteran Dr. TAP adalah berat (serious ethical berat)," mengutip Surat Keputusan MKEK PB IDI bertanggal 12 Februari 2018 yang viral di media pesan.

Nama dokter Terawan populer berkat terapi cuci otak atau brain wash atau brain spa. Terapi tersebut dilakukan untuk membersihkan plak yang menyumbat di pembuluh darah.

Loading...

Namun, terapi yang dilakukan Terawan kontrovesial di kalangan dokter. Ketua Persatuan Dokter Saraf Seluruh Indonesia (Perdossi) Prof. Dr. dr. Hasan Machfoed, SpS (K), MS dalam penjelasan tertulis di situs Perdossi pernah mengatakan sejumlah kalangan dokter mempertanyakan hasil terapi cuci otak ini.

Walau terapi cuci otak menuai kontroversi, beberapa pesohor negeri ini pernah menjalani terapi cuci otak dengan dokter Terawan yakni:

1. Dahlan Iskan

Pria yang pernah menjabat sebagai Menteri BUMN ini pernah menjalani terapi cuci otak dengan dokter Terawan pada 16 Februari 2013. Sebelum menjalani terapi ini, dia tahu betul bahwa metode ini masih kontroversial.

"Saya tahu metode cuci otak Dokter Terawan ini masih kontroversial. Kalangan dokter masih terbelah pendapat mereka. Masih banyak dokter yang belum bisa menerimanya sebagai bagian dari medical treatment," kata Dahlan dalam sebuah tulisan tentang prosedur cuci otak yang dijalaninya.

Dahlan juga menyebut Terawan sebagai ahli membersihkan gorong-gorong (pembuluh darah) yang buntu.

"Anggap saja Terawan ahli membersihkan gorong-gorong yang buntu. Hanya saja gorong-gorong itu letaknya tidak di Bundaran HI," tutup Dahlan.


2. Inggrid Kansil

Di akun Youtube RS Awal Bros Bekasi, Inggrid Kansil bercerita pernah menjalani brain spa."Alhamdulillah sekali datang, check up lewat MRI, lalu bikin appointment untuk melakukan tindakan dengan dokter yang profesional yaitu Profesor Terawan," kata Kansil.

Di video tersebut, Kansil menceritakan operasi cuci otak yang dilewatinya tidak menyeramkan. Dia hanya dibius lokal dan tindakan lewat kateter yang dimasukkan ke paha. "Dokter cukup santai kala melakukan tindakan, bahkan sempat nyanyi-nyanyi, mungkin supaya lebih rileks," katanya.

Setelah melakuka brain spa, dia mengaku lebih fresh dan tidak mengalami pusing lagi.


3. Aburizal Bakrie

Setalah ramai beredar kabar Terawan diberi sanksi oleh MKEK PB IDI, politisi Golkar Aburizal Bakrie menggunggah sebuah postingan di Instagram pribadinyapada 3 April 2018 pagi. 

"Metode “cuci otak”nya dipermasalahkan, padahal dengan itu dia telah menolong baik mencegah maupun mengobati puluhan ribu orang penderita stroke. Saya sendiri termasuk yang merasakan manfaatnya," kata Ical di Instagram @aburizalbakrie.id.

Ical juga menyebut, ada pesohor lain yang juga melakukan terapi cuci otak dengan Terawan yakni Tri Sutrisno, Susilo Bambang Yudhoyono, Hendropriyono. "Mudah menemukan testimoni orang yang tertolong oleh dr Terawan," katanya.

sumber Liputan6.com




Loading...

Berita Terkait

Tulis Komentar