Ditunjuk Kementerian, SDN 37 Pekanbaru Siap Jadi Sekolah Sahabat Keluarga

  • Ahad, 01 April 2018 - 18:39:19 WIB | Di Baca : 3191 Kali

SeRiau - Sekolah Dasar (SD) Negeri 37 Pekanbaru siap menjalani program Sekolah Sahabat Keluarga. Program baru dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI ini, sebagai upaya peran serta pelibatan keluarga dan masyarakat mendukung pendidikan anak dirumah dan disekolah.

Kepala SDN 37 Pekanbaru Gimin. SPd mengatakan sekolahnya ditunjuk untuk melakukan program program sekolah sahabat keluarga. Dalam program ini ada tahapan yang harus dilalui oleh sekolah mulai dari tahapan administrasi, tahapan nominasi atau verifikasi, tahapan verifikasi sekolah yang masuk nominasi dan terakhir tahapan penetapan 21 sekolah apresiasi sekolah sahabat keluarga. Selain ada tahapan, program ini juga ada penilaian yang menjadi indikator tercapainya sekolah sahabat keluarga.

" Jadi tahapan terakhir hingga 31 juni mendatang. Nanti ada tim dari kementerian, praktisi pendidikan yang akan melakukan penilaian terhadap sekolah sahabat keluarga," kata Gimin, Minggu (1/4) di Pekanbaru

Meskipun program baru dari Kementerian, kata Gimin, dirinya bersama majelis guru dan orangtua siswa sangat siap untuk mempersiapkan seluruh dokumen sekolah sahabat keluarga. Adapun program yang menjadi sekolah sahabat keluarga yakni adanya pelibatan keluarga, masyarakat serta alumni seperti pertemuan dan komunikasi antara walikelas dan keluarga. Adanya kelas orantua, kelas inspirasi dan pameran karya dan pentas kelas akhir tahun, jajanan sehat  dan sekolah hijau. Inilah program program sekolah sahabat keluarga yang harus dijalankan.

" Untuk kelas inspirasi, kelas orangtua dan pameran dan bazar telah kita laksanakan seperti yang saat ini kita lakukan pemeran hasil karya siswa semua kegiatan ini harus di dokumentasikan," kata Gimin

Gimin berharap dengan ditunjuk SDN 37 Pekanbaru sebagai sekolah sahabat keluarga ini tidak terlepas dari keberhasilan sekolah menjalan progran kementerian seperti sekolah mutu dan program lainnya. Selain itu, SDN 37 Pekanbaru juga telah ditetapkan oleh Kementerian menjadi sekolah rujukan nasional." Sekolah sahabat keluarga ini, baru sekolah kita satu satunya yang sudah mempersiapkan program sekolah sahabat keluarga. Mudah mudahan penilaian tingkat nasional bisa memperoleh hasil yang maksimal," harap Gimin ( zal)





Berita Terkait

Tulis Komentar