Menurut Sains, Inilah Saat Terbaik untuk Minum Kopi

  • Jumat, 30 Maret 2018 - 20:39:40 WIB | Di Baca : 1889 Kali

SeRiau - Jakarta Kopi bagi beberapa orang adalah sumber kebahagiaan, apakah Anda salah satunya? para penggemar kopi ini bahkan tidak ragu untuk minum kopi di pagi, siang, sore, dan malam hari.

Namun sebenarnya agar hobi minum kopi tak mengganggu metabolisme tubuh, lebih baik Anda mencari tahu kapan waktu yang terbaik untuk minum kopi. Minum kopi di waktu yang tepat akan memberi manfaat yang optimal dan tak mengganggu kesehatan.

Secara ilmiah, kopi terbukti dapat mengisi tubuh dengan antioksidan alami, bertindak sebagai agen penenang, dan memperbaiki DNA, seperti dilansir dari yourtango.com, Jumat (30/3/2018).


Kapan waktu terbaik untuk minum kopi?

Jika Anda terbiasa minum kopi di pagi hari, ada waktu yang lebih baik, yaitu sebelum bekerja, di jalan untuk bekerja, atau sesaat setelah Anda mulai bekerja. Tubuh akan melepaskan hormon yang berbeda setiap hari, dan yang terbanyak merupakan hormon stres kortisol. membuat tubuh merasa waspada.

Waktu kortisol ini keluar tergantung dari ritme sirkadian tubuh. Para peneliti mengatakan bahwa minum kopi saat otak sudah melepaskan kortisol justru akan membatasi efek positifnya.

Sebaliknya, minumlah kopi ketika kadar kortisol Anda secara alami masih rendah. Anda yang secara rutin bagun pada jam setengah tujuh pagi akan memiliki tingkat kortisol tertinggi di antara jam delapan dan sembilan pagi, tengah hari dan jam satu siang, serta jam setengah enam hingga setengah tujuh malam.

Karena itu, waktu terbaik untuk minum kopi sehari-hari adalah antara jam setengah sepuluh dan setengah dua belas pagi. Jam berapa Anda minum kopi hari ini?


sumber Liputan6.com





Berita Terkait

Tulis Komentar